Tak Menyangka, Siswa SMA Muha Yogya Raih Medali Emas

Yuanditra San (kanan) bersama Slamet Purwo. (Foto: Devid Permana)

YOGYA, KRJOGJA.com - Siswa kelas XII IPA SMA Muhammadiyah 2 (Muha) Yuanditra San (17) berhasil meraih medali emas Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat nasional 2018 bidang kebumian di Padang, Sumatera Barat, 1-7 Juli 2018. Yuandrita yang akrab disapa Andi berhasil meraih tiga besar nilai tertinggi bidang kebumian yang diikuti 84 peserta dari 34 provinsi se-Indonesia, sehingga berhak mendapat medali emas.

Baca Juga: Siswa SMA Muha Yogya Terpilih Ikut Ekspedisi Nusantara Jaya

Menurut Andi, persaingan OSN tingkat nasional bidang kebumian sangat ketat, meliputi materi geologi, meteorologi, oseanografi dan astronomi. Dalam tes tertulis, para peserta diharuskan mengerjakan soal terdiri 40 soal pilihan ganda dan 8 essay. Hari berikutnya tes praktik meliputi mengenali alat laboratorium, baca peta kontur, menganisa batuan dan fosil serta menentukan arah blok sesar saat praktik lapangan di Pantai Nirwana, Padang. 

"Saya tidak menyangka akan mendapat nilai tertinggi, karena persaingannya sangat ketat. Awalnya mengira hanya akan dapat perunggu. Capaian medali emas ini sangat membanggakan bagi saya, sekolah juga tim DIY," ujar Andi kepada KRJOGJA.com saat ditemui di sekolah, Selasa (10/7/2018).

Setelah OSN, Andi menatap olimpiade serupa tingkat internasional yang akan dihelat di Korea Selatan 2019. Namun ia harus mengikuti seleksi lagi tingkat nasional, bersaing dengan para peraih medali OSN lainnya. "Nanti akan ada serangkaian Pelatnas yang menyaring menjadi 4 terbaik yang akan berangkat mewakili Indonesia," katanya.

Kepala SMA Muha Yogyakarta Slamet Purwo mengatakan, medali emas OSN tingkat nasional yang diraih Andi ini merupakan medali emas kedua yang berhasil diraih siswa SMA Muha, terakhir pada tahun 2013. Untuk mendapatkan siswa yang siap berlaga dalam OSN, pihak sekolah membentuk klub riset dan mendatangkan fasilitator. "Kita berharap akan muncul lebih banyak lagi siswa-siswa yang kuat dalam bidang sains yang akan berjaya dalam OSN," katanya. (Dev)

Tulis Komentar Anda