Metode Pengobatan Baru Ini Bisa Tingkatkan Harapan Hidup bagi Pasien Tumor Otak?

Ilustrasi (Foto:doc)

Para ilmuwan di Amerika Serikat menemukan metode pengobatan baru yang meningkatkan angka harapan hidup bagi beberapa pasien pengidap tumor otak.

Dokter Arnab Chakravarti, kepala Departemen Radiasi Onkologi di Ohio State University, Amerika Serikat, mengatakan, para peneliti di bidang kedokteran tengah menguji berbagai percobaan baru: terapi target dan terapi kekebalan tubuh. Demikian seperti dikutip dari VOA Indonesia, Minggu (8/7/2018).

Baca Juga: Pria Dewasa Bertingkah seperti Anak-anak, Waspadai Sindrom Ini

"Ada banyak harapan untuk pasien," katanya.

Chakravarti memimpin sebuah studi pada susunan genetik dari gliomas, tumor otak yang bisa bersifat kanker.

Para peneliti menemukan bahwa mereka dapat melipatgandakan angka harapan hidup dari para pasien yang telah memiliki penanda biologis yang khas, sebuah sel atau sebuah molekul yang terdapat dalam jenis tumor tertentu.

Penanda biologis itu membantu dokter memutuskan jenis pengobatan terbaik yang dapat diberikan untuk membuat tumor menyusut.

"Penting sekali untuk memberi perawatan yang dirancang khusus untuk masing-masing individu pasien dan itulah alasan mengapa penanda biologis, prognostik, dan penanda biologis yang bersifat prediktif menjadi begitu penting," ujar Chakravarti dalam studi yang ia publikasikan di jurnal ilmiah JAMA Oncology.

Para pakar menyatakan pengujian penanda genetik akan menjadi standar bagi pasien yang mengidap tumor otak ganas. Mereka juga sedang menjajaki terapi obat tertarget sebagai bagian perawatan yang dirancang untuk masing-masing individu.

Harapannya adalah agar diagnosa kanker atau tumor otak tidak lagi menjadi hukuman mati yang tidak terelakkan.(*)

Tulis Komentar Anda