Gulma Bisa Diubah Jadi Pupuk, Nih Manfaatnya..

Proses gulma yang diubah menjadi pupuk. (Istimewa)

SLEMAN, KRJOGJA.com - Bagi petani, gulma atau tumbuhan pengganggu kehidupan tanaman merupakan musuh bagi para petani. Namun, siapa sangka tanaman yang selama ini hanya dibuang begitu saja bisa berguna untuk menyuburkan tanah dan tanaman.

Di tangan lima mahasiswa Fakultas Pertanian UGM yakni Ayu Putri Subowo, Antonius Berlianto l, Joshua Eka Putra, Lidwina Arum Meta dan Maria Hera Gratias gulma yang merugikan bisa jadi berkah bagi para petani. Kelimanya merasa prihatin karena gulma saat ini sangat minim pemanfaatan padahal kerap kali ditemukan di lahan-lahan produktif.

Baca Juga:

Zonasi Diterapkan, KBM-SKS di SMP Tetap Dipertahankan

Selebgram ini Bertarif Mahal, Siapa Saja Mereka?

“Kami prihatin karena selama ini penanggulangan gulma hanya dengan membakar atau menyemprotkan herbisida yang justru berdampak buruk bagi lingkungan. Karena itu kami berusaha mencari solusi penanganan gulma yang tumbuh dengan pesat dan dalam jumlah besar yang merugikan petani,” ungkap Ayu Putri Subowo pada wartawan, Senin (9/7/2018).

Para mahasiswa memilah gulma di mana yang  bertekstur keras dimanfaatkan sebagai kompos, sementara gulma dengan tekstur berair dijadikan pupuk cair. “Untuk gulma berkayu dimanfaatkan sebagai biochar, dan bisa digunakan untuk menyuburkan tanaman serta tanah,” sambungnya.

Saat ini program yang diberinama Weeds Fertilizer telah dilaksanakan di Dusun Temanggung, Desa Tambak Rejo, Kecamatan Tempel, Sleman. “Kami berharap penelitian ini bisa bermanfaat bagi para petani dan masyarakat secara umum,” pungkas Maria Hera Gratias. (Fxh)

 

Tulis Komentar Anda