Pasar Kangen Jogja Media Pengembangan Seni dan Budaya

Salah satu jembatan sebagai spot foto pasar kangen. (Foto : Rahma Ayu Nabila)

YOGYA, KRJOGJA.com - Tema Pasar Kangen Jogja tahun ini yang mengangkat tema ‘Pasrawungan Ajur-ajer’ diharapankan dapat menjadi sebuah wujud persitiwa sosial dan pertumbuhan ekonomi yang melahirkan kekerabatan, kebersamaan dan kebhinekaan. Tak hanya bagi masyarakat Yogya saja, namun kemeriahan ini juga diharapkan dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat tanah air.

Menurut Wakil DPRD DIY Arif Noor Hatanto, Pasar Kangen Jogja memperkenalkan ingatan tentang masa lalu melalui berbagai jajanan maupun barang barang antik lainnya. Ia juga menjelaskan, nilai tradisi masa lalu penting untuk dijaga dan dihormati sebagai bagian dari kehidupan kekinian saat ini.

Baca juga :

Ajang Melepas Rindu Bagi yang Pernah Muda di Yogya

Drama ‘Ambar dan Ketawang’ Hibur Wisatawan Candi Prambanan

“Selain itu akar nilai budaya menjadi hal penting dalam kesejahteraan kehidupan yang kokoh. Ini dapat untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa,” ucap Arief kepada KRJOGJA.com, Sabtu (07/07/2018).

Ragam kuliner yang tersaji dalam gelaran ini antara lain bir jawa, nasi brongkos, es tape, sate kere, bothok, serta banyak makanan minuman lawas lainnya. Tidak dipungut tiket masuk untuk bisa merasakan kemeriahan Pasar Kangen Jogja dan harga jajanan yang ditawarkan pun cukup terjangkau di kantong.

Beberapa stan makanan memasak jajanannya langsung pada tempat seperti halnya apem dan sate kere, sehingga makanan yang dibeli dapat dinikmati dalam kondisi hangat serta masyarakat dapat melihat sendiri proses terciptanya kuliner ‘ndeso’ tersebut. Untuk produk kerajinan dan barang antik juga tak kalah menarik dengan ragam kulinernya, mulai dari wayang, aneka boneka jadul, kaset lawas, piringan hitam, buku lawas, serta barang antik lain.

Berbagai kesenian yang akan ditampilkan sepanjang kegiatan ini antaranya Jathilan, Wayang kulit, Reog Wayang, Tari tradisional dan seni tradisonal tanah Jawa lainnya. Selain itu, berbagai titik foto juga tersedia untuk para pengunjung. Rencananya, Pasar Kangen Jogja akan digelar pada 7 -16 Juli 2018 dan dibuka dari pukul 12.00- 21.00 WIB. (Rahma Ayu Nabila)

Tulis Komentar Anda