Wisata Editor : Danar Widiyanto Jumat, 06 Juli 2018 / 06:50 WIB

Perayaan 100 Tahun The Phoenix Hotel Yogyakarta

Tahun ini The Phoenix Hotel Yogyakarta berkesempatan merayakan  peringatan berdirinya bangunan hotel ini yang telah berusia 100 tahun. Hotel ini dibangun pada tahun 1918 dan direnovasi pada tahun 2009, hal ini menjelaskan bahwa The Phoenix Hotel Yogyakarta merupakan bukti pelestarian bangunan bersejarah di Yogyakarta. Pernah menjadi rumah tinggal konsulat dan menjadi bagian sejarah dari Ir. Soekarno yang pernah tinggal disini dan bekerja dari sini di tahun 1946. Beralamat di Jl. Jendral Sudirman No.9, lokasi yang sangat strategis untuk menjelajahi kota Yogyakarta dan sangat dekat dengan peninggalan-peninggalan bersejarah lainnya di Yogyakarta, termasuk Tugu, Monumen Jogja Kembali, Benteng Vredeburg, Keraton Yogyakarta, dan Taman Sari.

Di pertengahan tahun ini The Phoenix Hotel Yogyakarta telah menyusun rangkaian kegiatan dimulai dari Juli hingga Oktober 2018 diantaranya Workshop and Influencer Rendezvous dengan tema 'Kisah Dibalik Keagungan' di akhir bulan Juli nanti yang akan melibatkan Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, dan mengundang rekan-rekan dari influencer dan travel blogger Yogyakarta  dan didukung juga oleh Dimas Diajeng Kota Yogyakarta untuk mendukung workshop, di bulan Agustus akan diadakan beberapa kegiatan untuk komunitas yang dan akan melibatkan beberapa komunitas budaya di Yogyakarta, sementara di bulan September akan diselenggarakan 100 Year Dance Walk with The Phoenix Yogyakarta, dan juga 100 Year Photo Competition di bulan yang sama dan akan membuka

Kesempatan para fotografer pemula hingga professional untuk dapat mengikuti acara ini tentunya masih dengan tema foto mengenai bangunan Phoenix yang bersejarah dan juga mengangkat wisata heritage di Yogyakarta sebagai obyek foto nantinya. Seluruh rangkaian acara ini nantinya akan diakhiri dengan peluncuran buku 'the History of a Legend' edisi khusus peringatan 100 tahun di akhir bulan Oktober. Mengingat buku ini memang sudah beberapa kali dicetak dengan konten mengenai sejarah The Phoenix Hotel sejak tahun 1918 hingga saat ini, dan perubahan namanya sejak jadi rumah tinggal hingga menjadi hotel di masa kemerdekaan Indonesia hingga sekarang.

Manajemen The Phoenix Hotel Yogyakarta berharap nantinya program-program ini selain menjadi pengingat akan sejarah berdirinya bangunan, juga menjadi bukti bahwa manajemen dan pemilik The Phoenix Hotel Yogyakarta selalu peduli untuk menjaga warisan sejarah dalam bentuk bangunan hotel ini, nantinya diharapkan orang-orang ke Jogja menjadikan The Phoenix salah satu destinasi, karena kekuatan sejarah yang dimilikinya. Selain itu juga ingin menunjukkan kepada masyarakat bahwa The Phoenix merupakan bukti sejarah kejayaan masa lalu yang masih bertahan hingga kini dalam wujud sebuah hotel yang menyajikan keunikan kisah di setiap dinding bangunannya, seperti berada di sebuah museum mini, segalanya dapat bercerita. (*)