Peristiwa Editor : Danar Widiyanto Jumat, 06 Juli 2018 / 02:50 WIB

Meski Tak Sempurna, Perusahaan Diminta Beri Kesempatan Kerja Luas bagi Difabel

JAKARTA, KRJOGJA.com - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) mendorong perusahaan-perusahaan untuk memberikan kesempatan kerja yang lebih luas kepada penyandang disabilitas atau disebut difabel. Hal ini guna memberikan rasa keadilan dan meningkatkan kesejahteraan para penyandang disabilitas tersebut.

Direktur Jenderal Binapenta dan PKK Kemnaker, Maruli A. Hasoloan dalam keterangannya menuturkan, para penyandang disabilitas ini dapat bekerja disesuaikan dengan jenis dan derajat kecacatan, pendidikan dan kemampuannya.  

"Pembangunan ketenagakerjaan di Indonesia harus dilakukan secara inklusif, artinya siapa saja dan apapun kondisinya berhak mendapat akses ke pendidikan dan mendapatkan pekerjaan yang layak,” ujar dia, Kamis (5/7/2018).

Berdasarkan Undang-Undang (UU) Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas telah mengamanatkan perusahaan swasta untuk mempekerjakan satu persen penyandang disabilitas dari total pekerjanya sedangkan  perusahaan BUMN sebanyak dua persen.

Oleh sebab itu, lanjut dia, perusahaan baik BUMN/BUMD ataupun swasta wajib memberikan kesempatan yang sama bagi para difabel.  "Jangan dilihat keterbatasannya, tapi dilihat kompetensinya. Berikan kesempatan kerja bagi penyandang disabilitas," kata dia.(*)