Jateng Editor : Tomi sudjatmiko Kamis, 05 Juli 2018 / 00:10 WIB

Layanan Prima, Dishub Kudus Raih ISO 9001

KUDUS, KRJOGJA.com - PT Tirta Murni Sertifikasi (TMS) selaku lembaga independen menyerahkan hasil sertifikasi SNI ISO 9001:2015 di bidang uji kelayakan kendaraan (KIR) kepada Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kudus, Rabu (04/07/2018) setelah dinyatakan lulus dalam membangun sistem manajemen mutu untuk pelayanan standar minimum setelah dilakukan penilaian selama dua hari.

Komisaris Utama PT Tirta Murni Sertifikasi, Ibnu Umar Mansyur mengatakan, lembaganya sudah terakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN) berstandar Internasional. "Lembaga kami independen sejajar menteri, dan hasil audit langsung  kami laporkan ke Presiden," ujarnya didampingi Direktur Keuangan dan Bisnis, Komariyah dan anggota tim audit, Wahyu.

Artikel Terkait : Menikmati Hidangan Mewah tapi Murah di Sumo Sushi

Lembaga Sertifikasi Sistem Mutu dan Lembaga Sertifikasi Usaha Pariwisata (LSSM-LSUP) itu akan mengawal Dushub dengan melakukan pengawasan per enam bulan atau satu tahun sekali selama tiga tahun. Tiga tahun ke depan akan dilakukan sertifikasi pembaharuan apabila Dishub telah melakukan implementasi ISO secara baik dan berkesinambungan. 

“Pelayanan Dishub Kudus sudah sesuai  Sistem Operasional Prosedur (SOP). Jika selama pengawasan  ditemukan kekurangan, segera kami minta untuk diperbaiki,” ungkapnya.

Pihaknya mengaku telah diminta Dirjen Dirjen Perhubungan untuk melakukan penilaian ke seluruh Dishub di Indonesia agar memiliki standar ISO 9001:2015. Saat ini Dishub yang telah bersertifikasi ISO 9001:2015 baru sekitar 10 persen. Di Jawa Tengah, Kudus merupakan yang pertama mendapatkan ISO dari lembaga sertifikasi PT TMS. 

Kepala Dishub Kabupaten Kudus, Sam'ani Intakoris memberikan apresiasi terhadap PT TMS yang telah melakukan penilaian dan memberikan penghargaan ISO 9001:2015. Dengan adanya ISO tersebut, diharapkan akan melecut kinerja pelayanan agar lebih baik lagi. (Trq)