Al Khadziq - R Heri Ibnu Wibowo Menangi Pilkada Temanggung

Foto: Dok

TEMANGGUNG (KRjogja.com) - Paslon nomor urut 3 HM Al Khadziq - R Heri Ibnu Wibowo menjadi pemenang pada Pilkada Kabupaten Temanggung 2018. Paslon tersebut meraih 258.734 suara dan unggul di 17 kecamatan dari 20 kecamatan yang ada di kabupaten tersebut.  

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Temanggung Sudjatmiko mengatakan paslon nomor urut tiga menang telak di 17 kecamatan, sedangkan paslon nomor urut satu, yakni Bambang Sukarno - Mathoha menang di 3 kecamatan, yakni Kranggan, Temanggung dan Kedu. Paslon nomor urut 2, Haryo Dewandono - Irawan Prasetyadi tidak meraih kemenangan di satu pun kecamatan pun.

" Al Khadziq - R Heri Ibnu Wibowo menjadi pemenang di Pilkada Temanggung," kata Sudjatmiko usai memimpin sidang pleno rekapitulasi pilkada 2018 di Pendopo Pengayoman, Rabu (4/7).

Dikatakan paslon dua meraih 60.988 suara sedangkan paslon satu mendapat 156.576 suara. Keseluruhan surat suara sah berjumlah 476.298, suara tidak sah 33.022 dan  suara sah dan tidak sah berjumlah 509.320 suara.

Dia mengatakan pada pleno tersebut dua saksi yakni dari paslon satu dan dua tidak datang sehingga tidak menandatangani berita acara rekapitulasi tersebut. Kendati demikian, tidak menggugurkan hasil pilkada. 

Dia mengatakan selanjutnya KPU akan menetapkan sebagai Bupati dan Wakil Bupati terpilih pada Pilkada 2018 untuk masa tugas 2018 - 2023 di kantor KPU. Sedang bagi paslon diberi waktu tiga hari untuk mengajukan keberatan dan melakukan gugatan sengketa di Mahkamah Konstitusi. " Jadi sampai Jumat. Nanti Jumat itu waktu terakhir ajukan gugat sengketa pilkada di MK," katanya.

Dia menegaskan perolehan suara antara paslon tiga dan dua paslon lain sangat lebar, maka itu jika yang digugat adalah hasilnya kemungkinan besar akan ditolak. Sedangkan jika yang digugat adalah proses maka itu dipersilahkan. " Gugat proses pilkada itu domain paslon, jadi kami tidak akan mengomentarinya," katanya. (Osy)

Tulis Komentar Anda