Wisata Editor : Tomi sudjatmiko Selasa, 03 Juli 2018 / 10:58 WIB

Obwis Watu Payung, Spot Foto Baru di Gunungkidul

WONOSARI, KRJOGJA.com - Pemkab Gunungkidul melalui Dinas Pariwisa (Dispar) terus mengembangkan potensi obyek wisata. Selain menawarkan wisata pantai, goa pindul, air terjun, ternyata di Dusun Turunan, Desa Girisuko, Kecamatan Panggang terdapat obyek wisata sangat menarik. 

Obyek wisata Watu Payung merupakan potensi yang menakjubkan di kawasan Geosite yang berada di wilayah hutan negara. Karena wisatawan disuguhi pemandangan bentang alam yang indah. Lokasinya berada di perbatasan Gunungkidul dengan kabupaten Bantul, dengan latar belakang kali oya. 

"Obyek wisata watu payung memiliki pemandangan alam yang indah. Ketika pagi hari sebuah pemadangan alam yang luar biasa dapat pengunjung saksikan. Lokasinya berjarak 18 kilometer dari Kota Wonosari," kata Sekretaris Dispar Gunungkidul Hari Sukmono, Selasa (03/07/2018).

Iwan Saputra salah satu pengelola Obyek Wisata Watu Payung menuturkan, spot foto  bisa memilih dengan hiasan layaknya tujuh kapal akan menjadi saksi ketika pengunjung berdiri diujung bukit. Bahkan ketika berdiri seperti berada di negeri di atas awan. 

Meskipun belum genap satu bulan diluncurkan, kata Iwan obyek wisata watu payung mampu menyedot banyak pengunjung. Rata-rata setiap harinya dikunjungi antara 70 sampai 100 orang. Obyek wisata ini berada di perbatasan Gunungkidul dengan Imogiri serta Mangungan, Dlingo, Bantul. 

Iwan Saputra menambahkan,  mengembangkan kawasan bentang kars geosite Turunan terutama watu payung tersebut memang butuh perjuangan. Dengan berbagai inovasi dan bimbingan beberapa pihak, akhirnya di akhir tahun 2017 lalu beberapa lembaga pendamping bersama masyarakat menuangkan ide ide kreatif untuk membuat spot foto. Selain  itu juga mulai digali legenda legenda unyuk membangkitkan nuansa.  

"Empat spot foto tersebut adalah hasto hapsari dengan ide cerita tujuh bidadari dalam legenda joko tarub. Yaitu bidadari mejiku hibiniu. Jika digabungkan warna warna tersebut menjadi satu warna yaitu putih. Karenanya dalam spot foto kami ada delapan bidadari, satu adalah warna putih yang melambangkan diri kita,” ulasnya. (Ded)