Pendidikan Editor : Danar Widiyanto Selasa, 03 Juli 2018 / 05:30 WIB

Beberapa Jurusan Jadi Incaran, Peserta SBMPTN UNY Meningkat

SLEMAN, KRJOGJA.com - Peserta pendaftar Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2018 di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) meningkat sebanyak 10,5 persen dari tahun lalu. Sebelumnya, tercatat hanya 57.571 calon mahasiswa yang mengikuti seleksi, sedangkan tahun ini mencapai 63.615.

"Dari SBMPTN ini, kami menyediakan 1.992 kursi," jelas Wakil Rektor Bidang Akademik UNY Prof Dr Margana MHum MA, Senin (2/7/2018). Dikatakan, Program Studi (Prodi) Manajemen masih menjadi favorit peserta dengan peminat mencapai 4.661, disusul Prodi Pendidikan Teknik Informatika sebanyak 2.014 peserta. Tingkat ketetatan masing-masing prodi dinilai cukup tinggi karena jumlah kursi yang terbatas.

Artikel Terkait : Menikmati Hidangan Mewah tapi Murah di Sumo Sushi

"Prodi favorit lain juga ada Ilmu Komunikasi, Akuntansi, Psikologi, Administrasi Negara, Pendidikan Administrasi Perkantoran, Bahasa dan Sastra Inggris, Statistika dan Pendidikan Teknik Boga," paparnya. 

Margana juga mengimbau, bagi yang diterima melalui jalur SBMPTN UNY diharapkan segera menyiapkan berkas yang diperlukan untuk registrasi. Bagi yang belum diterima, UNY masih membuka jalur Seleksi Mandiri Ujian Tulis (SM Utul) dan SM-SBMPTN.

"Jangan lupa pula, perhatikan dan cermati pengumuman Rektor UNY berkenaan dengan langkah-langkah registrasi," tandas Margana. Pendaftaran SM Utul dibuka sampai 14 Juli 2018 secara daring melalui laman resmi UNY di uny.ac.id. Sedangkan, untuk pendaftaran SM-SBMPTN dibuka mulai 25 Juli 2018 melalui laman yang sama.(M-1)