Gaya Hidup Agregasi    Minggu, 01 Juli 2018 / 06:17 WIB

Beragam Manfaat Buah Bagi Seluruh Tubuh

SEBERAPA rutin Anda mengonsumsi buah? Setiap hari? Dua hari sekali? Well, mengonsumsi buah faktanya punya segudang manfaat buat tubuh. Sebab, buah merupakan sumber vitamin dan mineral yang sangat penting untuk fungsi tubuh.

Buah juga mengandung serat yang sangat kaya sehingga dapat membantu melancarkan proses pencernaan. Kandungan lemak dan sodium yang rendah sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung. Sedangkan kandungan potasium dalam buah bagus untuk menjaga tekanan darah.

Artikel Terkait : Menikmati Hidangan Mewah tapi Murah di Sumo Sushi

Vitamin C yang merupakan antioksidan paling kuat, ditemukan dalam banyak jenis buah. Sebagaimana diketahui, vitamin yang satu ini punya banyak kegunaan seperti menyehatkan kulit, gigi, gusi, serta membantu mempercepat penyembuhan luka.

Apakah itu saja manfaat dari konsumsi buah? Tentu tidak. Berikut beberapa manfaat lainnya yang dilansir dari Organic Facts, Sabtu (30/6/2018).

1. Menambah energi

Ketika Anda mengonsumsi buah, suplai energi dapat meningkat dengan cepat. Tambahan tenaga ini sangat penting untuk menghadapi jadwal yang padat. Karena itu, atlet sering terlihat mengonsumsi buah, sebelum, saat jeda, dan juga setelah berlatih atau bertanding.

2. Menjaga kesehatan jantung

Buah-buahan seperti aprikot, apel, pisang, berry, jeruk bali, dan jeruk, sangat baik untuk melindungi jantung karena kaya akan kandungan flavonoids, caretonoids, serat, potasium, dan magnesium. Buah juga mengandung vitamin A, B6, C, E, K, dan asam folat yang mampu mengontrol kadar kolesterol serta mencegah penyakit yang berkaitan dengan jantung serta stroke.

3. Mencegah diabetes

Diabetes tipe 2 adalah masalah utama yang dihadapi dunia. Meski buah pada faktanya menyehatkan buat semua orang, ada beberapa jenis yang mengandung karbohidrat berlebih yang tidak aman dikonsumsi bagi penderita diabetes. Buah-buahan seperti apel, alpukat, ceri, pisang, dan jeruk masih bisa dikonsumsi karena memiliki indeks glikemik yang rendah, yakni kurang dari 55 sehingga dapat membantu mengontrol kadar gula dalam darah.

4. Mencegah kanker

Buah-buahan yang kaya akan vitamin sangat baik untuk mencegah serta merawat berbagai tipe kanker seperti kanker hati dan payudara. Sirsak, goji berry, dan jeruk, sangat cocok untuk penderita kanker. Ketika dikonsumsi secara teratur, buah-buahan memiliki kemampuan untuk menunjukkan sifat hepatoprotektif yang membantu mengusir kanker. 

5. Menyehatkan batu ginjal

Buah-buahan yang kaya akan vitamin C dapat membantu merawat kesehatan batu ginjal. Berbagai jenis jeruk dan lemon sangat baik untuk menurunkan risiko terkena batu ginjal. Buah yang kaya sodium juga bisa membantu Anda yang menderita akibat penyakit satu ini.

6. Kesehatan tulang

Buah seperti jeruk dan jeruk bali sangat kaya akan kalsium dan vitamin K. Sebagaimana diketahui, dua kandungan tersebut berguna untuk membantu serta mempertahankan kesehatan tulang dan meningkatkan kepadatan mineral tulang.

7. Menurunkan berat badan

Anda bisa memulai diet dengan lebih banyak mengonsumsi buah jika ingin menurunkan berat badan. Tentu buah-buahan saja tidak cukup apabila ingin mengontrol atau menurunkan berat badan karena olahraga juga sangat penting. Namun, buah dapat menjaga tubuh Anda tetap mendapatkan nutrisi yang cukup ketika mulai mengganti makanan lain.

8. Menyehatkan kulit

Buah-buahan dapat membantu kulit Anda terhidrasi sehingga terlihat cantik karena mengandung vitamin, mineral, dan antioksidan yang penting. Apel misalnya, sangat cocok sebagai cara alami mengatasi jerawat. Contoh lainnya adalah anggur yang bisa membantu membersihkan kulit dan tubuh, sementara pepaya sangat baik untuk meremajakan kulit serta memperbaiki kerusakan kecil yang mungkin tidak Anda sadari.

9. Rambut yang sehat

Buah-buahan yang mengandung vitamin A sangat bagus bila Anda menginginkan rambut yang sehat dan berkilau serta membantu agar lebih lembut. Buah seperti jeruk juga sangat bagus untuk stimulan rambut. Kandungan vitamin C dapat mencegah kerontokan serta membuat rambut tetap sehat dan berkilau. Buah-buahan seperti kiwi, stroberi, dan nanas sangat baik untuk membantu pertumbuhan rambut. (*)