Ekonomi Editor : Tomi sudjatmiko Jumat, 29 Juni 2018 / 19:24 WIB

Suku Bunga Acuan BI Naik 0,5 Persen Menjadi 5,25 Persen

JAKARTA, KRJOGJA.com - Bank Indonesia kembali menaikkan tingkat suku bunga acuan BI-7 day Repo Rate. Kali ini kenaikannya sebesar 50 basis poin dari 4,75 persen menjadi 5,25 persen. Selain itu, BI juga menaikan suku bunga Deposit Facility sebesar 50 basis poin dari 4 persen menjadi 4,50 persen, dan suku bunga Lending Facility sebesar 50 basis poin  dari 5,50 persen menjadi 6 persen. Kenaikan tingkat suku bunga ini berlaku efektif sejak 29 Juni 2018.

"Bank Indonesia kembali menaikkan tingkat suku bunga acuan BI-7 day Repo Rate. Kali ini kenaikannya sebesar 50 basis poin dari 4,75 persen menjadi 5,25 persen. Kenaikan 50 basis poin ini merupakan kebijakan moneter yang sebelumnya netral namun sekarang cenderung pada kebijakan moneter ketat,” kata Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo di Jakarta, Jumat (29/6).

Artikel Terkait : Menikmati Hidangan Mewah tapi Murah di Sumo Sushi

Dijelaskan, keputusan kenaikan suku bunga ini sejalan dengan kebijakan BI dalam menstabilkan ekonomi khususnya nilai tukar rupiah. Serta merupakan  lanjutan laangkan yang ditempuh  BI yakni secara pre-emptive, front-loading, dan ahead of the curve.

"Ini untuk menjaga daya saing pasar keuangan domestik terhadap perubahan kebijakan moneter sejumlah negara dan ketidakpastian pasar keuangan global yang masih tinggi,” tegasnya.

Perry menjelaskan kebijakan tersebut tetap ditopang dengan kebijakan intervensi ganda di pasar valas dan di pasar Surat Berharga Negara serta strategi operasi moneter untuk menjaga kecukupan likuiditas khususnya di pasar uang Rupiah dan pasar swap antarbank. 

“BI meyakini sejumlah kebijakan yang ditempuh tersebut dapat memperkuat stabilitas ekonomi khususnya stabilitas nilai tukar Rupiah. Ke depan, Bank Indonesia akan terus mencermati perkembangan dan prospek  perekonomian baik domestik maupun global, untuk memperkuat respons bauran kebijakan yang perlu ditempuh,” tegasnya. (Lmg)