Bahas 60 Tahun Hubungan, Menlu Jepang Segera Kunjungi Indonesia

Menlu Jepang, Taro Kono. (Foto: Reuters)

JAKARTA, KRJOGJA.com – Menteri Luar negeri RI, Retno Marsudi akan menerima kunjungan Menteri Luar negeri Jepang, Taro Kono pada 25 Juni. Ini adalah kunjungan pertama Kono ke Indonesia sejak dia diangkat menjadi menteri luar negeri Jepang pada tahun lalu.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri, Arrmanatha Nasir mengatakan, dalam pertemuan kali ini kedua menlu akan membahas mengenai sejumlah isu, terutama mengenai kerjasama bilateral dan mengenai peringatan 60 tahun hubungan Indonesia-Jepang.

“Tujuan utama kunjungan ini untuk melakukan pertemuan bilateral mengenai persiapan peringatan 60 tahun hubungan Indonesia-Jepang dan juga pertemuan The 6th Strategic Dialogue Indonesia-Jepang,” kata Arrmantha dalam press briefing di Jakarta, Jumat (22/6/2018).

Lebih lanjut Tata, sapaan Arrmanatha mengatakan, beberapa isu yang akan menjadi bahasan kedua menlu antara lain, kerjasama ekonomi, investasi, infrastruktur dan kemitraan Indonesia-Jepang (IJPA). 

Selain isu-isu tersebut, dia pertemuan bilateral kedua negara juga diyakini akan menyinggung mengenai isu-isu kawasan dan global termasuk situasi di Semenanjung Korea, kerja sama ASEAN-Jepang dan konsep arsitektur Indo-Pasifik yang sebelumnya pernah disampaikan oleh Indonesia.

Setelah bertemu dengan Menlu Retno, Taro Kono juga direncanakan bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Menko Maritim, Luhut Binsar Panjaitan dan Sekretaris Jenderal ASEAN, Lim Jock Hoi di hari yang sama. (*)

Tulis Komentar Anda