Ekonomi Agregasi    Kamis, 14 Juni 2018 / 20:43 WIB

H-1 Lebaan, Harga Daging Tembus Rp 145 Ribu/Kg

MADINA, KRJOGJA.com  - Satu hari jelang Idhul Fitri, harga daging sapi di berbagai pasar tradisional mengalami kenaikan. Seperti di Pasar baru Panyabunga, Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Sumatera Utara harga daging sapi tembus Rp.140.000 per kilogram (Kg).

Satu hari menjelang Lebaran, tradisi masyarakat Mandailing menyebut Paluaon, yang artinya (Melepas), di mana masyarakat mandailing dengan tradisi memasak daging untuk makan bersama di hari esoknya untuk hari Pertama lebaran usai melepas bulan suci ramadan.

Artikel Terkait : Mahasiswa Polbangtan Dampingi Masyarakat Manfaatkan Lahan Tidur

Salah seorang pedagang daging sapi dadakan di Pasar Baru Panyabungan, Kecamatan Panyabungan, Kabupaten Madina, Khataby Lubis menyebutkan, setiap satu hari sebelum lebaran, harga daging sapi selalu meroket tinggi.

“Memang menjelang Ramadan ini harga daging sapi sudah sempat Rp140.000/kg namun setelah pertengahan puasa daging sapi sudah kembali normal Rp80.000-Rp95.000/kg. Dan hari ini harga daging sapai kembali Rp145.000/kg, jadi setiap memasuki hari besar seperti ini, permintaan daging sapi terus meningkat, jadi harga daging sapi pun selalu naik,” sebut Khataby, saat di temui Okezone, di Pasar Baru Panyabungan, Kamis (14/6/2018).

Mengingat kondisi harga daging sapi tersebut, si pembeli pun mau tidak mau harus menebus harga daging sapi yang kini sudah bertahan di Rp145.000/kg karena sudah kebutuhan dan tradisi. (*)