Peristiwa Editor : Ivan Aditya Kamis, 14 Juni 2018 / 12:17 WIB

Harga Emas Global Turun Lagi

AMERIKA, KRJOGJA.com - Harga emas global bergerak turun pada pagi hari ini. Penurunan ini terjadi setelah The Federal Reserve/The Fed menaikkan suku bunga acuannya untuk kedua kalinya pada rabu dini hari tadi.

Pada Kamis (14/06/2018) Harga emas 100 gram COMEX kontrak berjangka turun 0,07% ke US$1.298/troy ounce. Sementara secara year-to-date (ytd) harga emas telah turun hampir 1,5%.

Artikel Terkait : Mahasiswa Polbangtan Dampingi Masyarakat Manfaatkan Lahan Tidur

The Fed Akhirnya kembali menaikkan suku bunga acuannya pada hasil pertemuan rabu waktu setempat. Kebijakan ini diambil setelah mempertimbangkan kondisi perekonomian di Amerika Serikat (AS) yang terus menunjukkan peningkatan.

Data-data ekonomi AS terus mengonfirmasi bahwa The Fed memang harus mengetatkan kebijakan moneter. Pada Mei, laju inflasi di Negeri Paman Sam tercatat 2,8% secara year-on-year (YoY). Terakselerasi dibandingkan bulan sebelumnya yaitu 2,5% YoY.

The Fed memiliki target untuk menjaga inflasi di kisaran 2% dalam jangka menengah. Dengan perekonomian AS yang terus menggeliat tentu akan menghasilkan dampak inflasi, sehingga perlu dijangkar melalui pengetatan kebijakan moneter dengan menaikkan suku bunga acuan.

Kenaikan suku bunga acuan membuat investor tidak langsung memburu dolar AS sebagai pengganti emas. Kondisi ini karena investor ikut memantau arah kebijakan dari bank sentral eropa, European Central Bank (ECB). ECB akan melakukan rapat pada hari ini guna merumuskan arah kebijakan moneter di kawasan Uni-Eropa. (*)