Astronom Temukan Objek Misterius di Lubang Hitam

AMERIKA, KRJOGJA.com - Tim peneliti yang terdiri dari beberapa astronom kembali temukan tiga objek misterius yang disebut dengan G-objects, bergerak mengitari lubang hitam berukuran super masif yang disebut dengan Sagittarius A. G-objects sampai saat ini masih misterius, peneliti tidak dapat menentukan apakah objek tersebut bintang atau hanya awan gas.

Para astronom menyebut G-objects terlihat sebagai awan gas namun berperilaku seperti bintang. Tiga G-object baru ini dinamakan G3, G4, dan G5.

Sebelumnya peneliti telah menemukan dua G-Object yang awalnya diduga sebagai awan gas. G1 ditemukan pada 2004 dan G2 ditemukan pada 2012. Akan tetapi kedua objek itu tidak hancur oleh tarikan gravitasi Sagittarius A saat berada di posisi sangat dekat dengan lubang hitam tersebut.

Dengan menganalisis data yang telah dikumpulkan selama12 tahun dari Observatorium W.M. Keck di Hawai Ahli Astronomi kembali temukan tiga G-objects yang memiliki kesamaan fisik dengan dua G-Objects yang sebelumya telah ditemukan. Penelitian ini merupakan kolaborasi antara Observatorium W.M Keck, Galactic Center Group dari University of California Los Angeles (UCLA) dan Instituto de Astrofisica de Andalucia (CSIC) di Granada, Spanyol.

G-Objects dianggap unik karena mereka diselumuti oleh lapisan awan dan gas yang membuatnya sulit untuk dideteksi oleh para peneliti. para peneliti sangat tertarik dengan G-Object untuk kepentingan ilmu pengetahuan. (*)

Tulis Komentar Anda