Mahathir Ingin Dirikan Perusahaan Mobil Nasional

MALAYSIA, KRJOGJA.com - Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad masih memiliki ambisi untuk mendirikan perusahaan mobil nasional baru sebagai pengganti Proton yang 49,9 persen sahamnya telah dibeli perusahaan asal China Zhejiang Geely Holdings. Perusahaan mobil nasional baru itu disebut untuk mengobati luka dalam Mahathir yang menegaskan Proton kini bukan lagi mobil nasional Malaysia.

Proton sendiri merupakan produsen mobil Malaysia yang didirikan pada tahun 1983 atas inisiatif dari Mahathir, saat menjabat sebagai perdana menteri. "Sayangnya Proton telah dijual kepada China yang telah diberi hak untuk mengelola Proton. Jadi Malaysia sekarang tidak menggunakan keterampilan itu," kata Mahathir.

Mahathir menyatakan niatnya pertama kali untuk mendirikan perusahaan otomotif baru yang mayoritas sahamnya milik Malaysia di depan Konferensi Masa Depan Asia ke-24 di Tokyo, Jepang, awal pekan ini.

Soal mendirikan perusahaan manufaktur baru tersebut, Mahathir ingin menghidupkan industri pendukung otomotif di Malaysia yang belakangan dikabarkan harus tutup karena mereka tidak dapat memasok komponen ke Proton. (*)

Tulis Komentar Anda