Israel Lakukan Kejahatan Perang

ISRAEL, KRJOGJA.com - Aktivis hak-hak asasi manusia (HAM) Human Rights Watch (HRW) menyatakan tentara Israel berulang kali menggunakan kekuatan yang mematikan melawan demonstran Palestina di Jalur Gaza sejak 30 Maret 2018. Tindakan terhadap warga Palestina yang tidak mengancam nyawa tentara Israel itu bisa dianggap kejahatan perang.

"Tentara Israel telah menewaskan lebih dari 100 demonstran di Gaza dan melukai ribuan lainnya dengan peluru tajam," kata Human Rights Watch.

Pernyataan HRW disampaikan di tengah rencana Sidang Majelis Umum Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) yang akan membahas rancangan resolusi mengutuk tindakan keras tentara Israel di Jalur Gaza, Rabu (13/06/2018). Rancangan resolusi serupa di Dewan Keamanan PBB gagal karena veto dari Amerika Serikat.

Meski tidak mengikat, rancangan resolusi yang bakal diputuskan Majelis Umum PBB itu diharapkan bisa memberi perlindungan internasional bagi warga sipil Palestina. Rancangan resolusi MU PBB juga diharapkan mencakup paragraf operasional yang memandatkan Sekjen PBB atau badan PBB lainnya untuk menindaklanjuti resolusi tersebut.

Dalam pernyataannya, HRW mendesak agar negara-negara anggota MU PBB mendukung resolusi yang menjamin perlindungan warga Palestina di Gaza. Juga memberit mandat penyelidikan terhadap para pejabat Israel yang bertanggung jawab atas seluruh pelanggaran dan kekerasan yang terjadi di Gaza. (*)

Tulis Komentar Anda