Amerika Tambah Pasukan di Norwegia

AMERIKA, KRJOGJA.com - Kementerian Pertahanan Norwegia menyetujui penambahan 400 personel marinir Amerika Serikat untuk ditempatkan di negara Skandinavia tersebut. Amerika Serikat sebelumnya telah menempatkan 300 personel marinirnya di Norwegia secara berkala. Penempatan pasukan itu dalam rangka untuk memberi pelatihan atau menggelar latihan bersama.

Dengan penambahan 400 personel, maka Amerika Serikat total memiliki 700 personel yang berada di Norwegia hingga lima tahun ke depan. Kementerian Pertahanan Norwegia menyebutkan bahwa rombongan baru personel marinir AS ditempatkan di Setermoen di Troms.

Sementara 300 personel marinir yang lebih dulu ada ditempatkan di Vaernes pada Januari 2017 di tengah meningkatnya ketegangan dengan Rusia menyusul aneksasi Rusia terhadap Krimea pada 2014 lalu. Juru  bicara Pentagon Eric Pahon mengatakan Kementerian Pertahanan AS menyambut baik sikap Norwegia menyetujui penambahan personel AS.

Pahon menyebut persetujuan dari Norwegia itu memungkinkan AS ikut serta dalam latihan perang musim dingin sekaligus meningkatkan ikatan militer dengan militer Norwegia dalam membangun kesiapan untuk merespons di masa krisis.

Penempatan pasukan AS di Norwegia bukan tanpa protes. Rusia sebelumnya telah mengajukan protes terkait itu. Seorang politikus Rusia bahkan mengatakan bahwa penempatan pasukan AS tersebut akan menjadikan Norwegia sebagai target militer Rusia. (*)

Tulis Komentar Anda