Badingah Bakal Salat Id di Alun-alun Wonosari

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com - Bupati Gunungkidul Hj Badingah SSos dijadwalkan akan melaksanakan Salat Idul Fitri di alun-alun Wonosari bersama unsur muspida. Pada malam hari sebelumnya, Pengurus Hari Besar Islam (PHBI) Kota Wonosari juga akan mengadakan menyelenggarakan lomba takbir keliling dan lampion.

“Pelaksanaan lomba takbir keliling rutenya di sekitar kota Wonosari. Sedangkan Salat Idul Fitri di Kota Wonosari tersebar di 15 lapangan dan juga masjid-masjid yang memang dipergunakan jamaah Umat Islam,” kata Ketua PHBI Kota Wonosari Suyoto, Rabu (13/06/2018).

Berkait dengan Salat Idul Fitri di alun-alun Kota Wonosari, akan dipimpin Imam dan Khatib Purnawirawan Drs H Ashari Siraj dengan tema Ramadan Kesucian dan Kemandirian. Diperkirakan akan diikuti lebih dari 4 ribu jamaah.

“Untuk pengamanan sudah dikoordinasikan dengan Polri, TNI, Dinas Perhubungan, pramuka, Kokam dan pihak terkait. Semua pihak diminta untuk menjaga dan ketertiban. Sehingga baik takbir keliling maupun Salat Idul Fitri berjalan tertib dan lancar,” imbuhnya.

Kapolres Gunungkidul AKBP Ahmad Fuady SIK menambahkan, berkait dengan pelaksanaan takbir keliling maupun Salat Idul Fitri, tim pengamanan sudah dipersiapan. Kepolisian bersama unsure terkait melakukan penjagaan pada penyelenggaran takbir keliling dan lomba lampion di Wonosari. Termasuk lokasi tempat Salat di alun-alun.

“Diharapkan tidak ada masyarakat yang membawa petasan maupun menimbulkan gangguan keamanan. Sehingga situasi tetap kondusif,” ucapnya.

Panit Humas Polres Gunungkidul Iptu Ngadino menuturkan, seluruh polsek di 18 kecamatan juga ikut melakukan pengamanan baik pada malam takbir maupun Salat Idul Fitri. Polsek memberikan pengamanan sesuai dengan wilayahnya masing-masing. Termasuk Babinkamtibmas yang turun ke lapangan jika memang ada yang menyelenggarakan takbir keliling. (Ded)

Tulis Komentar Anda