Jateng Editor : Ivan Aditya Rabu, 13 Juni 2018 / 19:41 WIB

Jembatan Pelengkung Kali Kutho Difungsikan

KENDAL, KRJOGJA.com - Jembatan Pelengkung Kali Kutho seperti rencana semula akhirnya bisa difungsikan pada H-2 lebaran. Basuki Hadimuljono Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Rabu (13/06/2018) memfungsikan jembatan yang selama ini belum berfungsi dan menyebabkan tol fungsional Semarang Batang terputus dan harus keluar tol menuju jalur pantura dan kembali lagi masuk jalan tol melalui pintu tol weleri.

Dengan menggunakan dump truk Basuki melintasi jembatan pelengkung Kali Kutho untuk pertama kalinya sebagai pertanda jembatan berfunfgsi. Dengan berfungsinya jembatan tersebut meskipun baru kondisi darurat dan hanya satu lajur membuat jalan tol fungsional Semarang Batang tidak lagi terputus, sehingga langsung bisa melintas tanpa harus turun ke jalur pantura.

“Meskipun temprary namun jembatan ini memiliki tingkat keamanan maksimal sehingga dijamin bisa dilalui, nanyi saya akan mengguakan dump truk untuk melintasi sebagai pertanda bahwa jembatan ini aman, bahkan sebelumnya eksafator juga melintas dan aman,” ujar Basuki.

Truk yang dinaiki oleh Menteri PU PR Basuki Hadimuljono diiringi oleh pejabat baik dari Jasa Marga maupun Waskita dilanjutkan dengan rangkaian mobil pemudik langsung melintas di atas jembatan. “Jalur Mudik ini akan berbalik menjadi arus balik mulai senin nanti atau H+3 libur lebaran, semoga dengan berfungsinya jembatan ini akan memperlancar perjalanan arus mudik dan arus balik tahun 2018 ini,” lanjutnya. (Ung)