H-2 Lebaran, Harga Kebutuhan Pokok 'Meroket'

ilustrasi (Dok)

SUKOHARJO, KRJOGJA.com -  Harga sejumlah kebutuhan pokok pangan mengalami kenaikan signifikan karena naiknya permintaan dari masyarakat menjelang Lebaran. Terutama daging ayam sedangkan stok barang di pedagang masih aman dan tidak terjadi kelangkaan.

Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Sukoharjo Sutarmo, Rabu (13/6) mengatakan, permintaan barang kebutuhan pokok khususnya pangan disemua pusat perbelanjaan baik modern maupun tradisional mengalami peningkatan signifikan. 

Hal tersebut diketahui dari hasil pemantauan oleh petugas dengan mendatangi pusat perbelanjaan dan gudang para distributor barang. Peningkatan terjadi karena masyarakat melakukan pembelian dalam jumlah banyak untuk memenuhi kebutuhan saat Lebaran. Selain itu juga membeli untuk stok pangan di rumah.

Dampak dari tingginya pembelian membuat sejumlah harga bahan kebutuhan pokok pangan mengalami peningkatan. Seperti salah satunya yakni daging ayam dari sebelumnya Rp 35 ribu perkilogram naik menjadi Rp 45 ribu perkilogram. Kenaikan terjadi disemua pasar tradisional dan pusat perbelanjaan modern. 

Harga daging ayam dipekirakan akan terus mengalami kenaikan pada satu hari menjelang Lebaran. Sebab dimungkinkan permintaan dari masyarakat semakin banyak.

Kenaikan harga juga terjadi pada cabai rawit merah dari sebelumnya Rp 30 ribu perkilogram menjadi Rp 40 ribu perkilogram,  cabai merah besar Rp 20 ribu perkilogram naik Rp 30 ribu perkilogram cabai keriting Rp 30 ribu perkilogram naik Rp 40 ribu perkilogram, telur ayam Rp 20 ribu perkilogram naik Rp 22 ribu perkilogram.

Meski harga sejumlah kebutuhan pokok mengalami kenaikan namun Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Sukoharjo menjamin ketersediaan barang dipasaran. Jaminan diberikan setelah stok dimasing masing distributor sampai pedagang masih mencukupi. Apabila ada kekurangan maka akan dicarikan tambahan secepatnya ke pemerintah pusat untuk menekan terjadinya kelangkaan yang berdampak pada melambungnya harga.

"Kenaikan harga sejumlah kebutuhan pokok pangan sekarang masih normal dan tidak ada kelangkaan barang sebab stok masih aman," ujar Sutarmo. (Mam)

Tulis Komentar Anda