Peristiwa Agregasi    Rabu, 13 Juni 2018 / 14:11 WIB

Juli, Pilot dan Karyawan Garuda Mogok Kerja Lagi

JAKARTA, KRJOGJA.com - Setelah memastikan menunda aksi mogok selama mudik Lebaran, Serikat Karyawan PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk atau Sekarga bersama Asosiasi Pilot Garuda (APG) berencana melakukan mogok bulan depan.

“Kami menyatakan akan melakukan aksi mogok paling lambat pada minggu kedua bulan Juli tahun 2018, jika belum terdapat solusi dari pihak pemerintah,” kata Tomy Tampatty, Ketua Harian Sekarga melalui keterangan tertulis, Rabu (13/6/2018).

Artikel Terkait : Mahasiswa Polbangtan Dampingi Masyarakat Manfaatkan Lahan Tidur

Keputusan ini diambil setelah serikat menilai para pilot dan karyawan tidak percaya dengan kepemimpinan Garuda saat ini yang dinakhodai oleh Direktur Utama Pahala Mansury. Tomy pun khawatir ketidakpercayaan ini akan berdampak negatif terhadap kinerja perusahaan.


“Kami sangat menghormati langkah dari pemerintah di bawah Bapak Menko Kemaritiman yang membantu menyelesaikan permasalahan mismanagement di tubuh Garuda Indonesia,” katanya.

Untuk itu, kata Tomy, serikat pilot dan karyawan akan menanti keputusan yang akan diambil di bawah pimpinan Luhut Pandjaitan. Rencananya, keputusan pemerintah soal Garuda akan keluar pada minggu pertama Juli 2018. Jika tidak puas, Tomy mengatakan, mogok akan dilakukan.

Sebelumnya, Sekarga dan APG yang tergabung dalam Sekretariat Bersama Serikat Karyawan Garuda memutuskan untuk menunda mogok saat musim Lebaran. Keputusan penundaan itu usai serikat bertemu dengan manajemen Garuda dan pemangku kepentingan lainnya, termasuk Luhut Pandjaitan. (*)