PLN Perkuat Pasokan Listrik Pantura

ilustrasi (Dok)


SEMARANG, KRJOGJA.com - Jelang Idul Fitri, PT PLN (Persero) berhasil menyelesaikan pekerjaan rekonduktoring jalur transmisi SUTT (Saluran Udara Tegangan Tinggi) 150.000 Volt (150 kV) sepanjang 13 km di jalur Pekalongan-Batang.

Tegangan (energize) ini berhasil menambah suplai daya listrik ke Gardu Induk (GI) Pekalongan untuk memperkuat keandalan pasokan listrik bagi masyarakat sekitar Pantai Utara (Pantura) Jawa.

Manajer PLN UPP 3 Semarang Sih Riyanto mengaku berhasil menyelesaikan pekerjaan ini dalam waktu kurang dari sebulan untuk memastikan penguatan pasokan listrik, khususnya menjelang Idul Fitri. Secara teknis, PLN mengganti kabel di jalur ini dengan ukuran dua kali lebih besar dari semula single ACSR Hawk 240 (600 A) menjadi single ACCC Lisbon (1200 A). "Berkat hal ini kami dapat lebih banyak menyalurkan arus listrik untuk wilayah Pantai Utara Jawa,” ujarnya di Semarang, Senin (11/6).

General Manager PT PLN (Persero) UIP JBT II Eko Priyantono menambahkan, tujuan dari rekonduktoring jalur SUTT 150 kV Pekalongan - Batang adalah untuk kesiapan evakuasi daya dari PLTU Batang 2 x 1000 MW.  Hal itu seiring juga telah di-upratingnya peralatan Gardu Induk di wilayah Pantura untuk menambah keandalan listrik di Pantura.  "Keberhasilan ini merupakan wujud nyata komitmen PLN dalam meningkatkan pelayanan ketenagalistrikan dari sisi hulu sampai hilir,” katanya. (Ira)

Tulis Komentar Anda