Malaysia Buka Kembali Kedubesnya di Korut

Kedutaan Besar Korea Utara di Malaysia. (Foto: AP)


KUALA LUMPUR, KRJOGJA.com – Perdana Menteri Mahathir Mohamad mengatakan bahwa Malaysia akan kembali membuka kedutaan besarnya di Pyongyang dan mungkin memulihkan hubungannya dengan Korea Utara.

"Ya, kami akan membuka kembali kedutaan," kata Mahathir dalam wawancara yang diterbitkan Nikkei Asian Review pada Senin.

Pada Selasa, Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un dan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump berjabat tangan dan tersenyum ketika mereka memulai pertemuan bersejarah di Singapura. 

Mengenai peristiwa besar ini, Mahathir mengatakan bahwa Malaysia tidak perlu bersikap skeptis terhadap ketulusan dari Korea Utara dalam bernegosiasi dengan Amerika Serikat, karena hal itu hanya akan menghalangi kerjasama.

"Kita harus melihat Korea Utara apa adanya dan mendorongnya untuk berpartisipasi dalam negosiasi internasional untuk memoderasi sikap kaku yang sebelumnya," kata Mahathir sebagaimana dilansir The Star, Selasa (12/6/2018).

"Kita harus menganggapnya sebagai sikap tulus, dan mencoba untuk membangun hubungan yang baik termasuk hubungan dagang dengan Korea Utara," lanjutnya.

Kepada Nikkei, Mahathir mengatakan bahwa warga Korea Utara berhak untuk mendapatkan perlindungan kepentingan, seperti halnya warga Amerika Serikat. Dia juga menambahkan bahwa akan ada lebih sedikit ketegangan di Semenanjung Korea karena Pyongyang telah meninggalkan program nuklir mereka. (*)

 

Tulis Komentar Anda