Ekonomi Agregasi    Rabu, 13 Juni 2018 / 08:08 WIB

Usai Trump dan Kim Jong Un Bertemu, Wall Street Dibuka 'Menghijau'

JAKARTA, KRJOGJA.com – Wall Street dibuka naik pada pembukaan perdagangan Selasa (12/6/2018). Bursa saham AS naik pasca pertemuan Presiden AS Donald Trump dan Presiden Korea Utara Kim Jong-un. 

Kenaikan Wall Street didorong oleh meningkatnya saham sektor perbankan. Melansir Reuters, Indeks Dow Jones Industrial Average naik 24,51 poin atau 0,10%, di pembukaan menjadi 25.346,82. S&P500 dibuka lebih tinggi 3,60 poin atau 0,13% ke 2.785,60. Sementara itu, Nasdaq Composite naik 13,95 poin atau 0,18% menjadi 7.673,87 pada bel pembukaan.

Artikel Terkait : Mahasiswa Polbangtan Dampingi Masyarakat Manfaatkan Lahan Tidur

Untuk diketahui, Pertemuan antara Presiden Amerika Serikat, Donald Trump dan Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un menghasilkan sebuah dokumen yang ditandatangani oleh kedua pemimpin. Dokumen tersebut membahas sejumlah isu yang menjadi perhatian dan bahasan utama dalam KTT bersejarah antara kedua pemimpin.

“Presiden Trump dan Ketua Kim Jong-un melakukan pertukaran opini yang mendalam dan tulus tentang isu pembentukan hubungan Amerika Serikat dan DPRK (nama resmi Korea Utara) yang baru dan pembangunan rezim yang kuat dan bertahan lama di Semenanjung Korea.

"Presiden Trump berkomitmen untuk memberikan jaminan keamanan kepada DPRK, dan Ketua Kim Jong-un menegaskan kembali komitmennya yang kuat dan tak tergoyahkan untuk menyelesaikan denuklirisasi di Semenanjung Korea,” demikian isi teks yang tercantim dalam dokumen tersebut.

Selain poin di atas, terdapat sebuah isu lagi yang juga disepakati dan tercantum dalam dokumen yang ditandatangani, yaitu mengenai jasad tahanan dan korban yang tewas selama Perang Korea termasuk pemulangan jasad yang telah teridentifikasi. (*)