Pendidikan Editor : Tomi sudjatmiko Selasa, 12 Juni 2018 / 18:01 WIB

Dua Dosen Unwahas Ikut Pelatihan Tentang Jamur di Cina

SEMARANG,KRJOGJA.com - Universitas Wahid Hasyim (Unwahas) Semarang terus berupaya untuk meningkatkan kompetensi berstandar internasional bagi tenaga pendidiknya dengan ilmu pengetahuan dan teknologi terbaru. Di antaranya dengan semakin banyak mengirim dosen Unwahas studi lanjut S3 serta short course ke luar negeri.

“Saat ini Unwahss sedang mengirim 2 dosen Fakultas Pertanian Lutfi Aris Sasongko MSi dan Hilmi Arija Fachriyan MSi, ke pelatihan (short course) teknologi jamur di Cina 9 Mei-12 Juni 2018. Peningkatan kualitas dosen perlu dilakukan sehingga bisa membekali para mahasiswa Unwahas dengan iptek yang berkualitas. Pengiriman dua dosen ke Cina juga sebagai update perkembangan teknologi internasional” ujar Rektor Unwahas Prof Dr Mahmutarom SH MH didampingi WR I Dr H Mudzakir Ali MA, WR II Drs HM Zen Yusuf MA dan WR III Dr Andi Purwono kepada pers di Semarang belum lama ini.

Artikel Terkait : Mahasiswa Polbangtan Dampingi Masyarakat Manfaatkan Lahan Tidur

Menurut Rektor, pelatihan selama 5 minggu di Cina di antaranya diisi dengan perkuliahan oleh para ahli, dosen, dan praktisi serta kunjungan langsung ke pusat pengembangan teknologi jamur. Teknologi pembibitan jamur dan pengolahan pasca panen di Cina sudah sangat maju. 

Selain itu, pemerintah setempat mendukung dan support pengembangan jamur serta pusat penelitian jamur di Cina. Pelatihan yang bertajuk Training Course on Mushroom Technology for Developing Countries berlangsung di Kota Fuzhou Provinsi Fujian dan pengiriman delegasi dari Unwahas atas kerjasama Unwahas dengan Konsulat Jenderal Republik Rakyat Tiongkok di Surabaya.

Sementara itu menurut Mr Liu Hong, Chief of Training Department Fujian United Nations TCDC Network Demonstration Base, pelatihan tentang jamur bertujuan untuk pengembangan teknologi jamur di negara asal peserta pelatihan. Kegiatan ini secara rutin dilakukan dalam rangka transfer teknologi kepada negara-negara berkembang, termasuk Indonesia.  (Sgi)