Pejabat Sukoharjo Boleh Mudik Gunakan Mobil Dinas

SUKOHARJO, KRJOGJA.com - Mobil dinas boleh digunakan untuk keperluan mudik Lebaran pejabat Sukoharjo dengan catatan tetap mematuhi ketentuan dari pemerintah. Pemkab Sukoharjo sengaja memberikan kelonggaran karena memperhitungkan kondisi kendaraan mengingat butuh perawatan saat libur panjang Lebaran.

Sekretaris Daerah (Sekda) Sukoharjo Agus Santosa, Selasa (12/06/2018) mengatakan, penggunaan mobil dinas bagi pejabat untuk mudik Lebaran memang diperbolehkan namun dengan sejumlah catatan. Hal itu dilakukan dengan tetap mempertimbangkan penggunaan sesuai ketentuan dari pemerintah.

Penggunaan mobil dinas sengaja diberikan Pemkab Sukoharjo pada para pejabat. Beberapa pertimbangan yakni karena mayoritas pejabat berasal dari wilayah Sukoharjo, kalaupun keluar daerah jaraknya masih dekat di Solo Raya.

Faktor lainnya yakni karena panjangnya waktu libur Lebaran lebih dari satu minggu. Kondisi tersebut membuat Pemkab Sukoharjo harus melakukan perawatan rutin ekstra karena mobil dinas tidak digunakan beraktifitas kerja lama malah terjadi kerusakan.

Pemkab Sukoharjo juga memberikan kelonggaran karena faktor tidak adanya tempat untuk parkir atau menyimpan semua mobil dinas. Termasuk juga kebutuhan keamanan untuk menjaga mobil dinas. Karena itu apabila mobil dinas digunakan pejabat pemakai maka akan mempermudah tugas Pemkab Sukoharjo.

"Mobil dinas dipakai para pejabat untuk mudik Lebaran sebatas sesuai kebutuhan lokal Sukoharjo saja kalaupun keluar masih dalam batas Solo Raya. Semua kebutuhan penggunaan seperti bahan bakar dan lainnya harus ditanggung sendiri oleh pejabat bersangkutan dan tidak boleh dibebankan daerah," ujar Agus Santosa.

Pengawasan akan dilakukan Pemkab Sukoharjo terhadap keberadaan dan kondisi mobil dinas. Hal itu dilakukan untuk memastikan semua mobil dinas dalam keadaan baik dan tidak mengalami kerusakan parah.

Pejabat pengguna mobil dinas juga diminta aktif berkoordinasi dan bertanggungjawab dengan kendaraan bermotor yang digunakannya. Apabila terjadi masalah maka diminta segera melapor termasuk perbaikan bila rusak digunakan saat mudik Lebaran. (Mam)

Tulis Komentar Anda