Jateng Editor : Ivan Aditya Selasa, 12 Juni 2018 / 15:58 WIB

Pemudik Manfaatkan Layanan KTP Elektronik

KUDUS, KRJOGJA.com - Libur panjang Hari Raya Idul Fitri 2018 dimanfaatkan para pemudik untuk mengurus surat-surat penting antara lain kartu tanda penduduk elektronik (KTP-El) dan surat pindah domisili. Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) sendiri tetap membuka pelayanan bagi masyarakat hingga H-1 lebaran dan H+3 sampai pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 27 Juni mendatang.

Hal itu terekam saat Tim Obudsman RI Perwakilan Jawa Tengah melakukan monitoring ke kantor tersebut Selasa (12/06/2018). Tim beranggota lima orang diterima Kepala Dinas Dukcapil Kudus Hendro Martojo, Sekretaris Dinas Putut Winarno dan beberapa kepala bidang.

Kepala Ombudsman RI Perwakilan Jawa Tengah, Acim Dartasim menyatakan, pelayanan ekstra di hari libur lebaran memberikan manfaat bagi para pemudik yang ingin memdapatkan KTP-El atau pun yang membutuhkan surat pindah. “Kantor Dukcapil mampu memberikan apa yang menjadi kebutuhan masyarakat. Kami berikan apresiasi,” ujarnya.

Kedatangan tim ombudsman, menurutnya, tidak untuk mencari kesalahan atau memberikan evaluasi instansi tersebut. Justru, pihaknya memberikan supportterhadap Kantor Dukcapil Kudus untuk terus memberikan layanan terbaik. Pihaknya akan memberikan rekomendasi ke pusat atas segala kekurangan yang dibutuhkan untuk peningkatan pelayanan.

Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Kudus Hendro Martojo mengatakan, selama liburan, warga yang meminta layanan KTP-El sebanyak 150 orang. “Beberapa di antaranya mengurus surat pindah,” ungkapnya.

Sekretaris Dinas Dukcapil Kudus Putut Winarno menambahkan, jumlah penduduk Kota Keretek sebanyak 835.318 jiwa, wajib KTP-El 624.554 (74,77 persen). Warga yang sudah mengikuti perekaman mencapai 613.108 orang (98,17 persen), dan yang belum rekam 11.446 orang atau 1,83 persen. Sedang yang sudah cetak surat keterangan 92.534 orang. (Trq)