Olahraga Agregasi    Selasa, 12 Juni 2018 / 16:54 WIB

Dibanding Dovi dan Rossi, Catatan Lorenzo di Ducati Lebih Baik

BOLOGNA, KRjogja.com – Salah satu yang membuat Jorge Lorenzo memutuskan untuk hengkang dari Ducati Corse pada akhir musim MotoGP 2018 adalah karena banyaknya tekanan dan kritik yang diberikan kepadanya. Akan tetapi, tak banyak yang menyadari kalau sebenarnya catatan Lorenzo di Ducati justru lebih baik ketimbang Andrea Dovizioso dan Valentino Rossi.

Lorenzo memang datang ke Ducati pada 2017 dengan ekspektasi besar. Bermodalkan tiga gelar juara dunia, Lorenzo diharapkan mampu kembali mengangkat perorma Ducati yang dalam beberapa musim sebelumnya terpuruk. Akan tetapi, yang terjadi justru sebaliknya karena pembalap berjuluk X-Fuera itu justru tak bisa memenangkan satu balapan pun di musim perdananya bersama Ducati.

Tak ayal, kritik pun terus berdatangan kepada Lorenzo. Sehingga, ketika X-Fuera mendapatkan kemenangan pertamanya dengan Ducati saat mentas di MotoGP Italia 2018, Lorenzo merasa hal itu sudah sangat terlambat. Pasalnya, Lorenzo menganggap kalau sudah banyak orang yang tak percaya dengan kemampuannya menunggangi Desmosedici, sehingga ia memutuskan hengkang.

Kendati begitu, jika menilik jumlah balapan yang harus dilakoni Lorenzo bersama Ducati untuk bisa mendapatkan kemenangan pertamanya, catatan tersebut masih lebih baik dari Dovizioso dan Rossi. Pasalnya, Lorenzo hanya membutuhkan 24 kali balapan untuk bisa memenangkan balapan bersama Ducati.

Sementara itu, Dovizioso, yang bersinar bersama Ducati pada 2017, justru membutuhkan waktu yang jauh lebih banyak. Dovizioso bergabung dengan Ducati pada 2013 dan baru memenangkan balapan di MotoGP 2016. Total, Dovizioso membutuhkan 71 balapan untuk bisa memperoleh kemenangan perdanaya di Ducati. Sedangkan Rossi yang selama dua musim membela Ducati, tak pernah meraih satu pun kemenangan dalam 36 seri balapan yang dilakoninya. (*)