Pemudik Lewat Jalan Tol Fungsional, Pantura Kendal Lancar

Pantura lengang, tahun-tahun sebelumnya di jalur ini kendaraan sudah padat merayap. (Foto: Unggul P)

KENDAL, KRJOGJA.com - Dengan difungsikannya jalan tol Batang Semarang meskipun sementara namun berdampak terhadap jalu pantura di Kabupaten Kendal. Jika di tahun-tahun sebelumnya jalur pantura selalu padat merayap apalagi pada H-3 lebaran, Selasa (12/6/2018) tampak sepi. Mobil yang melintas di jalu pantura kebanyakan mobil-mobil lokal, mobil berplat luar kota khususnya plat B sangat jarang bahkan nyaris tdak ada yang melintas.

Sepinya jalur pantura membuat pengguna jalan bisa memacu dengan kecepatan tinggi tanpa ada hambatan, pasalnya jumlah kendaraan berkurang cukup banyak. Pengendara sepeda motor dari luar kota cukup banyak yang melintas namun tidak sebanyak tahun sebelumnya.
Munandar pemudik asal Kudus Jawa tengah mengaku bisa lebih cepat mengendarai sepeda motornya. Jika sebelumnya membutuhkan waktu sehari semalam sampai di tujuan, namun untuk tahun ini dari Jakarta sampai Kendal ditempuh dalam waktu 10 jam dan itupun beberapa kali berhenti.

“Tahun ini lebih cepat, mesi beberapa kali berhenti namun waktu tempuh lebih cepat,“ ujar Munandar.

Beberapa titik kemacetan yang biasanya terjadi seperti di Pasar Cepiring tidak lagi terjadi, kondisi sangat lengang dan petugaspun sesekali mengatur lalu lintas. Kendaraan bisa melintas seperti biasanya tanpa hambatan meski aktifitas pasar sudah tumpah hingga ke jalan. Kondisi yang sama juga terjadi di pasar Weleri dan Pasar Kaliwungu yang posisinya di jalur pantura.

Kepala pos Pam Alun-Alun Kendal AKP Suhadi mengatakan lengangnya arus lalu lintas jalur Pantura membuat anggota Polres Kendal lebih santai mengatur lalu lintaslantaran tidak ada kepadatan. “Sempat terjadi volume kendaraan meningkat di hari minggu kemarin, namun hari berikutnya hingga selasa siang ini terlihat lengang bahkan cenderung sepi,” ujar Suhari.(*)

 

Tulis Komentar Anda