Ditinggal Umroh, Muncul Facebook Palsu Sri Purnomo

SLEMAN, KRJOGJA.com - Menjelang lebaran banyak dimanfaatkan sebagian orang tidak bertanggung jawab untuk mencari keuntungan. Tidak tanggung-tanggung, yang menjadi korban kali ini adalah Bupati Sleman Sri Purnomo. Modus yang dilakukan pelaku yakni mencatut nama Sri Purnomo dengan cara membuat akun media sosial Facebook palsu.

Setelah membuat akun Facebook pelaku lalu meminta pertemanan. Setelahnya pelaku mengirim pesan minta tolong untuk diisikan pulsa ke nomor tertentu. Kasus serupa pernah terjadi, tepatnya tanggal 28 April 2017.

Berdasarkan penelusuran KRJOGJA.com tidak ada perbedaan antara akun FB asli Sri Purnomo dengan yang lain. Untuk foto profil juga sama. Dimana Sri Purnomo bersama istri. Termasuk untuk foto cover, terpajang Sri Purnomo bersama istri, anak, menantu dan cucu.

Melalui Insta Story, Sri Purnomo langsung menuliskan pesan sekitar pukul 12.30 WIB. ‘Klo ada pesan masuk ke sosmed anda yang mengatasnamakan saya, kemudian minta pulsa atau minta kiriman uang harap tdk ditanggapi, itu akun duplikat yg melakukan penipuan. Harap berhati-hati..!!’ tulis pesan tersebut.

Pada saat yang bersamaan Sri Purnomo juga langsung update melalui akun Instagram serta Facebook terkait hal itu dan langsung mendapatkan komentar dari para pengikutnya. Selain menuliskan pesan ke akun media sosialnya, Sri Purnomo juga menyampaikan pesan ke group WhatsApp Pemda Sleman. ‘Hati-hati dengan modus penipuan menggunakan akun FB padaku yang bernama Sri Purnomo dengan meminta pulsa atau yang lain’ tulis dalam pesan itu.

"Pesan itu disampaikan sekitar pukul 10.11 WIB tadi. Kami berharap kepada masyarakat untuk berhati-hati kalau ada oknum yang mengatasnamakan Bupati Sleman. Baik melalui SMS, WA, FB dan yang lain untuk meminta apapun. Tidak usah ditanggapi karena itu modus penipuan," ujar Kepala Bagian (Kabag) Humas Setda Sleman, Sri Winarti.

Saat ini posisi Bupati Sleman sedang cuti ibadah. Bupati bersama keluarga menjalankan ibadah Umroh sejak tanggal 30 Mei dan direncanakan pulang tanggal 14 Juni 2018. (Awh)

Tulis Komentar Anda