Ingin Industri TIK Makin Meroket, Investasi Broadband Jadi Kuncinya

Ilustrasi (Foto:doc)

Investasi di bidang broadband menjadi salah satu cara mendongkrak industri Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di masa depan.

Assistant Professor Department of Economics University of Warwick Mirco Draca, menyebutkan perkembangan TIK juga tak lepas dari campur tangan teknologi kecerdasan buatan (AI, Artificial Intelligence).

“Dengan meningkatkan kemampuan robotik di bidang ini, maka bisa dimanfaatkan pelaku industri untuk menerapkan efisiensi dalam operasionalisasinya,” kata Draca pada perhelatan Huawei Asia Pacific Innovation Day 2018 yang diadakan di Bangkok, Thailand, belum lama ini.

Namun, peningkatan kemampuan robotik menjadi salah satu hal yang mendorong perubahan di bidang pekerjaan.

Peningkatan diakui Draca dapat mempengaruhi pekerjaan dengan tingkat kebutuhan kemampuan rendah, walau hal tersebut belum menemukan tanda terkait pengaruhnya pada pekerjaan dengan kebutuhan kemampuan tinggi.

Sementara itu, perkembangan TIK di masa depan disebut Draca tak lepas dari dukungan berbagai pihak, termasuk Huawei sebagai perusahaan di bidang teknologi.

“Salah satu cara yang dapat dilakukan Huawei yakni dengan menyediakan investasi besar untuk pengembangan teknologi ini selanjutnya,” lanjut Darca.(*)

Tulis Komentar Anda