Sekolah Swasta Leluasa Jaring Siswa Berkualitas

Ki Gandung Ngadina di hadapan para wali siswa. (Foto: Gunarwan)

PURWOREJO, KRJOGJA.com - Tanpa campur tangan pemerintah dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB), justru menjadikan sekolah swasta leluasa dalam menjaring calon siswa baru yang berkualitas. Bahkan sekolah berhak menerima siswa baru sebelum sekolah negeri membuka pendaftaran.

"Kami sudah selesai kegiatan PPDB, dan terpaksa menolak ratusan calon siswa baru karena tidak lolos seleksi," kata Kepala SMK Taman Karya Madya (TKM) Tamansiswa Kabupaten Purworejo Ki Gandung Ngadina SPd, Senin (11/06/2018).

Di sela-sela penyerahan hasil kegiatan belajar mengajar (KBM)/kenaikan kelas  Ki Gandung Ngadina menjelaskan, PPDB hanya mengatur sekolah negeri, sedang swasta tidak masuk didalamnya. “Ini kami manfaatkan untuk menjaring calon siswa terbaik,” tandasnya.

Dijelaskan, selama pendaftaran calon siswa baru yang dibuka dua gelombang, telah terpernuhi 360 siswa baru atau 10 kelas, dari sekitar 502 pendaftar. Dari jumlah itu siswa baru itu diantaranya untuk jurusan teknik instalasi listrik, teknik mekanik industri, teknik pemesinan serta teknik komputer  dan jaringan.

Namun demikian Ki Gandung Ngadina dalam menerapkan pendidikan di sekolahnya tetap mengaju pada tri pusat pendidikan, yakni keluarga, sekolah dan masyarakat sesuai ajaran Ki Hajar Dewantara. (Nar)

Tulis Komentar Anda