Jateng Editor : Danar Widiyanto Senin, 11 Juni 2018 / 03:50 WIB

Bantu Kelancaran Pemudik, 60 Rambu Petunjuk Arah Dipasang

SUKOHARJO, KRJOGJA.com - Sebanyak 60 rambu petunjuk arah dipasang Dinas Perhubungan Sukoharjo untuk mempermudah pemudik saat melintas di Sukoharjo saat arus mudik Lebaran. Pemasangan diprioritaskan petugas di wilayah Kecamatan Kartasura setelah pintu tol Ngasem difungsikan.

Kepala Dinas Perhubungan Sukoharjo Djoko Indrianto, Minggu (10/6/2018) mengatakan, pemasangan rambu petunjuk arah sengaja disediakan petugas khusus untuk menyambut arus mudil Lebaran. Hal itu dimaksudkan agar pemudik dari berbagai daerah yang masuk ke wilayah Sukoharjo tidak tersesat atau mengalami kesulitan.

Artikel Terkait : Mahasiswa Polbangtan Dampingi Masyarakat Manfaatkan Lahan Tidur

Rambu dipasang disebar disejumlah wilayah di Sukoharjo pada titik strategis tertentu. Prioritas pemasangan dilakukan Dinas Perhubungan Sukoharjo di wilayah Kecamatan Kartasura. Wilayah tersebut dipilih karena pengaruh difungsikannya pintu tol Ngasem, Kartasura.

Pintu tol Ngasem, Kartasura diprediksi memberikan pengaruh besar dimana banyak kendaraan pemudik keluar masuk. Dampaknya terjadi pada ruas jalan di luar jalur tol karena rawan terjadi penumpukan dan kemacetan panjang kendaraan.

"Pamasangan rambu untuk arus mudik Lebaran diprioritaskan di Kartasura dampak dari tol Ngasem. Rambu dipasang untuk mempermudah akses pemudik," ujar Djoko Indrianto.

Rambu yang disediakan semuanya sudah selesai dipasang dan siap digunakan membantu pemudik. Meski begitu Dinas Perhubungan Sukoharjo akan terus melakukan pengawasan agar keberadaan rambu yang sudah dipasang mengalami kerusakan atau hilang.

Selain rambu petunjuk arah Dinas Perhubungan Sukoharjo juga menyiapkan petugas dan mobil patroli. Hal itu disiapkan untuk membantu kelancaran kendaraan pemudik disemua wilayah. Apabila ditemukan kejadian penumpukan dan kemacetan kendaraan maka petugas dan mobil patroli akan meluncur ke lokasi.

Wilayah paling rawan kemacetan kendaraan diprediksi berada di Kartasura. Meski begitu beberapa wilayah lain juga ada beberapa titik rawan macet seperti di wilayah Grogol dan Sukoharjo Kota. Kedua wilayah tersebut menjadi jalur penting sebagai akses pemudik.

"Pemantauan juga kami lakukan melalui kamera CCTV yang tersebar pemasangannya disejumlah wilayah. CCTV ini sangat membantu bagi kami memantau arus lalu lintas pemudik," lanjutnya.

Di wilayah Kecamatan Kartasura sebagai titik paling rawan macet sudah terpasang beberapa kamera CCTV pemantau. Pemantauan bisa dilakukan oleh petugas Dinas Perhubungan dan tim gabungan pengamanan Lebaran lainnya.

"Jalur utama dan alternatif kami pantau semua sebagai antisipasi terjadinya masalah. Tidak hanya kemacetan tapi juga kecelakaan dan kejahatan. Kami koordinasi terus dengan aparat terkait lainnya dalam melakukan pengamanan," lanjutnya. (Mam)