Petugas Jaga Siap, Pelayanan Umum Masyarakat Tetap Buka Saat Libur Lebaran

Ilustrasi

SUKOHARJO, KRjogja.com - Pemkab Sukoharjo menjamin pelayanan umum masyarakat selama libur panjang Lebaran tetap berjalan normal seperti biasa. Pengaturan sudah dilakukan dengan meminta kepada organisasi perangkat daerah (OPD) terkait menempatkan petugas jaga saat piket Lebaran.

Sekretaris Daerah (Sekda) Sukoharjo Agus Santosa, Minggu (10/6/2018) mengatakan, beberapa OPD yang memiliki tugas pelayanan umum tidak mungkin diliburkan total. Salah satu OPD tersebut yakni bergerak dibidang kesehatan yang ditangani Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK). Penanganan tersebut seperti dilakukan di Puskesmas dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ir Soekarno Sukoharjo.

Baik RSUD maupun Puskesmas tetap dipastikan buka memberikan pelayanan pada masyarakat seperti biasa. Petugas sudah dipastikan tersedia untuk memberikan pelayanan pada masyarakat. Bahkan penempatan petugas dibidang kesehatan diperluas sampai ke pos pengamanan (pospam) di lima titik dibeberapa kecamatan.

Beberapa OPD lain berkaitan dengan pelayanan umum dipastikan tetap buka seperti Satuan Polisi Pamong Praja (Satpo PP) khususnya petugas pemadam kebakaran, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil), Dinas Perhubungan, Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah dan PMI.

"OPD yang berkaitan dengan pelayanan umum tetap buka melayani masyarakat. OPD tersebut sudah diminta menempatkan petugas jaga atau piket agar pelayanan tetap berjalan. Seperti bidang kesehatan di Puskesmas dan RSUD kalau semua ikut libur panjang tentu akan mengganggu pelayanan masyarakat," ujar Agus Santosa.

Terkait teknis tetap berjalannya pelayanan umum masyarakat disejumlah OPD para petugas sudah biasa. Sebab setiap tahun OPD tersebut selalu terlibat khususnya saat mudik Lebaran.

"Soal nanti petugas yang tetap masuk saat libur Lebaran akan dapat jatah libur pengganti usai Lebaran sudah ada aturan teknisnya di masing masing OPD. Itu dimaksudkan agar pegawai yang masuk saat libur Lebaran tetap bisa berkumpul keluarga saat lebaran telah selesai," lanjutnya.

Pemkab Sukoharjo mengapresiasi kinerja pegawainya dan OPD terkait yang tetap memberikan pelayanan pada masyarakat saat arus mudik Lebaran. Jaminan pelayanan diharapkan membuat masyarakat  tidak perlu khawatir.

"Pasar tradisional tetap buka saat Lebaran pihak pengelola melalui OPD terkait juga sudah siap melayani masyarakat khususnya berkaitan dengan penyediaan bahan pokok," lanjutnya.

Kepala Satpol PP Sukoharjo Heru Indarjo mengatakan, OPD yang dipimpinnya siap memberikan pelayanan pada masyarakat saat Lebaran. Petugas tersebut meliputi Satpol PP yang bertugas membantu pengamanan Lebaran maupun antisipasi pasar tumpah dan patroli lingkungan di desa, kelurahan dan kecamatan.

"OPD kami juga membidangi pemadam kebakaran dan sudah kami persiapkan petugas dan armada berupa mobil pemadam kebakaran," ujar Heru Indarjo. (Mam)

 

 

Tulis Komentar Anda