Olahraga Editor : Danar Widiyanto Minggu, 10 Juni 2018 / 16:51 WIB

Piala Dunia 2018 Segera Berlangsung, Pemain Top Ini Justru Hanya Jadi Penonton

PIALA DUNIA memang sudah di depan mata. Negara bersama skuadnya juga telah ditentukan. Namun, siapa sangka ternyata beberapa pemain top yang pernah membela negaranya di pesta bola 4 tahunan ini justru tidak dipilih jasanya untuk Rusia 2018.

1) Mario Gotze
Turunnya peforma Gotze dalam 4 tahun belakang membuatnya kesulitan untuk kembali ke level yang sebenarnya. Meski merupakan Man of the Match hingga membawa Jerman menyabet gelar juara dunia 2014, nyatanya pemain 26 tahun tersebut masih kalah cemerlang dengan pemain lain.

Artikel Terkait : Menikmati Hidangan Mewah tapi Murah di Sumo Sushi

2) Leroy Sane
Mendapat predikat pemain muda terbaik dan berhasil meraih titel Premiere League 2017-2018 bersama The Citizens tidak serta merta membuat Sane dipilih Joachim Loew untuk memperkuat Jerman. Sane kalah bersaing dengan Julian Brandt dalam statistik selama membela negaranya.

3) David Luiz
Cedera lutut yang menghantui tahun lalu membuatnya jarang dimainkan Antonio Conte. Tercatat, Luiz hanya bermain 3 laga sejak November 2017 di semua ajang yang diikuti Chelsea. Hal ini tentu membuat pelatih Brazil, Tite tidak ingin membawa pemain yang tidak bugar di Piala Dunia 2018.

4) Dani Alves
Sama seperti Luiz, cedera lutut menjadi penyebab Dani Alves gagal masuk ke skuad Brazil di Piala Dunia. Masalah itu muncul setelah melawan Les Herbiers di Piala Prancis bulan lalu. Alves harus menjalani operasi dan memulihkan lututnya yang memakan waktu lama.

5) Alex Sandro
Tite tidak melirik Sandro meski perannya dalam membawa Juventus juara Serie Liga Italia dan Coppa Italia 2017/2018. Sandro juga kalah bersaing dengan Filipe Luis meski baru sembuh sari cederanya.

6) Radja Nainggolan
Diluar dugaan, pemain rambut mohawk ini tak ikut memperkuat Belgia di Piala Dunia 2018. Perseteruan dengan Roberto Martinez menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi pencoretan namanya. Tapi sang peltih berdalih bahwa ia tidak memilih pemain berdarah Batak tersebut karena murni strategi.

7) Luis Nani
Turunnya peforma selama menjadi pemain pinjaman Lazio dari Valencia membuat Fernando Santos tidak tertarik untuk memanggil Nani.

8) Renato Sanches
Meski bertitel pemain muda terbaik Euro 2016 dan sukses memberikan gelar juara Eropa bagi Portugal, Sanches justru gagal saat bermain di Swansea City. Santos semakin tidak yakin terhadap Sances setelah Swansea harus terdegradasi dari Liga Inggris.

9) Mauro Icardi
Meski impresif bersama Inter Milan, namun sang pelatih Sampaoli memutuskan untuk tidak membawa Icardi karena tidak cocok dengan gaya permainan Tim Tango.

10) Karim Benzema
Lagi, Benzema tak berhasil meluluhkan hati Deschamps. Setelah tak dipanggil untuk memperkuat Les Blues di Piala Eropa 2016, striker Real Madrid ini juga tak akan ikut membela Prancis di Piala Dunia Rusia nanti. Berawal dari kabar sang pemain terlibat kasus 2 tahun silam, hubungan keduanya menjadi renggang hingga mungkin menimbulkan masalah pribadi yang berpengaruh pada karir internasional Benzema.

11) Anthony Martial
Jarangnya mendapat kesempatan bermain dari Jose Mourinho selama di Manchester United membuat Deschamps tak terarik memasukkan nama Martial ke skuad Prancis di Piala DUnia 2018.

12) Alexandre Lacazette
Tidak berbeda dengan Martial, striker Arsenal ini juga tidak sering bermain reguler untuk Arsenal. Hal tiu Lacazette gagal meyakinkan Deschamps untuk membawanya ke Rusia.

13) Dimitri Payet
Cedera yang menghampiri kala bertanding melawan Atletico Madrid di final Liga Eropa (17/5) membuat Payet dicoret dari daftar skuad Les Blues. Padahal Payet masuk ke dalam 23 kandidat inti timnas Prancis yang akan bertanding di Rusia nanti.

14) Laurent Koscielny
Bek andalan Arsenal sekaligus kapten Tim Ayam Jantan ini harus rela absen di Piala Dunia 2018 lantaran cedera serius. Masalah itu ia dapatkan setelah melawan Atletico Marid di semifinal leg 2 Liga Eropa. Sama seperti Payet, Koscielny sebenarnya merupakan pilihan utama Deschamps untuk Prancis.

15) Alvaro Morata
Menjadi rekrutan terbaik Chelsea musim 17/18, Morata justru tak bisa memberikan peforma terbaiknya di Chelsea. Hal ini membuat sang juru taktik Antonio Conte sering menaruhnya di bangku cadangan dan namanya dicoret Lopetegui dari timnas Spanyol.

16) Cesc Fabregas
Meski sering membuat assist untuk The Blues, Fabregas masih kalah bersaing dengan rekan negaranya. Namanya pun dicoret dari skuad La Furia Roja.

17) Marcos Alonso
Cemerlang bersama Chelsea tak langsung membuat Alonso menjadi pilihan utama timnas Spanyol. Dia justru gagal membela negaranya setelah Julen Lopetegui lebih Nacho Monreal ketimbang dirinya.

18) Jack Wilshre
Peforma apiknya bersama Arsenal tidak menjamin dimasukkannya nama Wilshere ke daftar pemain Inggris yang dibawa ke Piala Dunia. Masalah cedera dan kebugaran sang pemain menjadi pertimbangan Southgate untuk membawa gelandang The Gunners tersebut.

19) Joe Hart
Hanya menjadi cadangan dalam beberapa pertandingan West Ham membuat Hart kalah tidak diunggulkan untuk mengisi posisi kiper The Three Lions. Southgate lebih memilih Nick Pope daripada Joe Hart yang sudah mengoleksi 75 caps bersama Inggris.

20) Zlatan Ibrahimovich
Pernyataan pensiun Ibra dari Swedia usai gelaran Piala Eropa 2016 kemarin membuatnya benar tidak diikutkan ke Piala Dunia. Meski banyak spekulasi yang bermunculan bahwa ia akan kembali membela negaranya namun hal itu tidak akan terjadi mengingat skuad Swedia diumumkan oleh sang pelatih.(*)