Pendidikan Editor : Tomi sudjatmiko Minggu, 10 Juni 2018 / 09:21 WIB

8 Mahasiswa Malaysia Ikuti 'Internship' di Unimus

SEMARANG,KRJOGJA.com- Delapan mahasiswa Fakultas Kedokteran Cyberjaya University College of Medical Sciences (CUCMS) Malaysia selama 3 minggu menjalani internship di Fakultas Kedokteran Unimus dan ditempatkan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr Adhyatma MPH (RSUD Tugurejo Semarang). 

Para mahasiswa CUCMS terdiri Fakhrul Syamil (internship di departemen Onkologi), Rib’e (departemen Paediatric), Muhammad Zafri Zaqwan (Bedah), Amirah Nabilah (Bedah), Nurul Basyirah (Bedah), Mega Muliasari (Obgyn), Maryam Ulfah (Obgyn), dan Taibah Lailie (Obgyn). Mereka saat ini sudah menjalani dua minggu internship di bawah supervisor para dokter spesialis RSUD Tugurejo dan tinggal seminggu lagi menyelesaikan internship mereka.

Artikel Terkait : Mahasiswa Polbangtan Dampingi Masyarakat Manfaatkan Lahan Tidur

Rektor Unimus Prof Dr Masrukhi saat memperkenalkan mereka di acara buka puasa bersama dan peringatan Nuzulul Quran di kampus Unimus Jumat sore (08/09/2018) menyatakan kerjasama Unimus dengan CUCMS Malaysia menyusul penandatanganan MOU dan MOA kedua perguruan tinggi bebetrapa waktu lalu. 
Unimus belum lama ini melakukan pengiriman sejumlah mahasiswa FK Unimus melakukan international Unimus student mobility dan  benchmarking internasional ke CUCMS selama seminggu. Langkah pengiriman mahasiswa Unimus ke luar negeri dan menerima mahasiswa asing ke Unimus sebagai salah satu upaya internasionalisasi Unimus serta peningkatan mutu Unimus di era global seperti sekarang ini.

Perwakilan mahasiswa CUCMS Rib’e, Taibah Lailie, dan Fakhrul Syamil menceritakan pengalaman mereka selama mengikuti internship di RSUD Tugurejo. Secara umum mereka sangat senang bisa menjalani internship di Unimus-RSUD Tugurejo karena sebagai dokter muda (coass) mereka tidak hanya bertugas di bangsal dan poli saja melainkan di bagian lain seperti ICU dan sejumlah bagian lainnya. 

Di bawah supervisor dokter spesialis RSUD Tugurejo, mereka merasa mendapatkan pengalaman internship lebih komplit disbanding kalau menjalani internship di negara Malaysia. (Sgi)