Jateng Editor : Agus Sigit Sabtu, 09 Juni 2018 / 13:26 WIB

BPJS Kesehatan Buka Posko Mudik di Terminal Tirtonadi

SOLO, KRjogja.com - Badan Penyelenggara Jamiman Sosial (BPJS) Kesehatan membuka 8 Posko Mudik Lebaran 2018, salah satunya di Terminal Bus Tirtonadi Solo. Tirtonadi dipilih karena diprediksi terjadi adanya penumpukan pemudik yang datang dari berbagai daerah.

"Dengan adanya Posko BPJS kami ingin memberikan layanan kepada seluruh masyarakat pemudik agar merasa nyaman. Sementara bagi peserta JKN KIS tidak kehilangan haknya pada waktu mudik," jelas Andayani Budi Lestari, Direktur Perluasan dan Pelayanan Peserta BPJS Keaehatan usai meresmikan Posko Mudik Tirtonadi, Sabtu (09/6).

Artikel Terkait : Menikmati Hidangan Mewah tapi Murah di Sumo Sushi

Selain Terminal Tirtonadi Solo, Posko Mudik juga dibuka di Stasiun Tugu Yogyakarta, Terminal Pulau Gebang Jakarta, Terminal Bangurasih Surabaya, Rest Area Cikampek KM 57, Pelabuhan Merak Banten, Pelabuhan Gilimanuk Bali dan Pelabuhan Soekarno Hatta Makasar.

Andayani menjelaskan dalam kondisi mudik BPJS memberikan kemudahan layanan pada H-8 dan H+8 Lebaran. Peserta JKN KIS yang membutuhkan perawatan bisa dilayani di Puskesmas atau Faskes pertama di mana mereka berada. "Layanan bisa diberikan sampai tiga kali. Saya sudah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan untuk optimalisasi pelayanan."

Sebelum menentukan pilihan titik Posko Mudik, BPJS telah melakukan observasi ke sejumlah tempat tujuan pemudik. Akhirnya dipilih 8 titik yang diprediksi adanya penumpukan penudik. Andayani didampingi dr Aris Jatmiko  MM AAK, Deputi Direksi BPJS Kesehatan Wilayah Jateng dan DIY, Kepala Dinas Perhubungan Hari Priyatno dan Kepala Dinas Kesehatan dr Siti Wahyuningsih MKes M. (Qom)