Jalur Utama Sukoharjo Siap Dilintasi Pemudik

SUKOHARJO, KRJOGJA.com - Kondisi jalan baik jalur utama maupun alternatif disemua wilayah di Sukoharjo siap dipakai mudik Lebaran. Perbaikan telah diselesaikan dan tinggal dipakai. Kalaupun ada kekurangan dalam perbaikan tidak terlalu mengganggu pengguna jalan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Sukoharjo Suraji, Jumat (08/06/2018) mengatakan, kondisi jalan di Sukoharjo 100 persen siap pakai untuk memperlancar arus mudik dan balik Lebaran 2018. Proses perbaikan jalan pada jalur utama dan alternatif sudah dikerjakan jauh hari dan diselesaikan sebelum digunakan mudik Lebaran.

Beberapa perbaikan jalan pada jalur utama yang telah selesai seperti di Jalan Adi Soemarmo dan Jalan Slamet Riyadi semua di Kecamatan Kartasura. Di Kecamatan Baki perbaikan jalan selesai dilakukan di Jalan Tanjunganom - Daleman, Jlopo - Kadilangu. Di Kecamatan Sukoharjo Kota di Bulakan - Carikan, di Kecamatan Mojolaban jalan Palur - Wirun, Jembatan Mojo - Mojolaban, Mojolaban - Kayuapak, Mojolaban - Bendosari.

"Secara umum 100 persen perbaikan jalan pada jalur utama dan alternatif sudah selesai dan siap dipakai mudik Lebaran. Kalaupun ada perbaikan tidak terlalu menggganggu kelancaran kendaraan pemudik," ujar Suraji.

Perbaikan yang masih dikerjakan seperti pada jalan di jalur Mulur - Sidan Bendosari dan dibeberapa titik jalan di wilayah Kecamatan Tawangsari. Perbaikan tersebut diperkirakan segera selesai sebelum Lebaran.

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Sukoharjo sengaja memprioritaskan perbaikan jalan khususnya jalur utama sebagai persiapan mudik Lebaran. Sebab disaat ini banyak kendaraan melintas dari berbagai daerah dalam waktu hampir sama. Karena itu apabila tidak segera diselesaikan maka dikhawatirkan bisa menyebabkan kemacetan kendaraan.

"Ada beberapa titik jalan yang selesai diperbaiki belum tuntas tapi masih bisa dilewati kendaraan pemudik. Seperti di jalur balepadi, Bakipandeyan, Baki. Disana sudah selesai dilakukan pengerukan untuk pelebaran jalan tapi belum diaspal ulang karena menunggu Lebaran selesai dulu," lanjutnya.

Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Sukoharjo Jumadi mengatakan, pengerjaan perbaikan jalan dengan skala besar sebagian sudah selesai. Seperti pengaspalan ulang jalan Tanjunganom - Daleman di Kecamatan Baki dan jalan di Tawangsari. Jalan tersebut merupakan jalur utama yang sangat diandalkan bagi masyarakat setempat maupun pemudik.

"Masih ada beberapa titik jalan yang sedang proses maupun dalam pengerjaan perbaikan sekarang," ujarnya. (Mam)

Tulis Komentar Anda