Gaya Hidup Agregasi    Sabtu, 09 Juni 2018 / 09:56 WIB

Sembelit Saat Puasa, Ini Solusinya

SEMBELIT merupakan salah satu gangguan kesehatan umum pada orang yang berpuasa. Perubahan pola makan menjadi salah satu penyebab terjadinya sembelit. Namun, beberapa orang sering mengabaikan gangguan kesehatan tersebut. Padahal, kondisi seperti ini tentu menimbulkan rasa tidak nyaman bukan?

Sembelit terjadi karena feses mengeras akibat kurangnya cairan di dalam tubuh. Jika sudah begini, seseorang biasanya memaksakan diri mengejan untuk mengeluarkan kotoran. Padahal, cara tersebut justru bisa menimbulkan iritasi pada anus hingga wasir.

Artikel Terkait : Menikmati Hidangan Mewah tapi Murah di Sumo Sushi

Nah, mau tahu bagaimana cara mengatasi sembelit saat berpuasa? Simak ulasan yang dihimpun, di bawah ini:

Konsumsi makanan berserat

Jangan lupa mengonsumsi makanan berserat selama puasa saat sahur dan berbuka. Perbanyak konsumsi kacag-kacangan, buah, dan sayuran, yang membantu tubuh membentuk feses lebih lunak. Hindari makanan berprotein dan lemak tinggi seperti keju, daging, dan makanan olahan.

Penuhi kebutuhan cairan

Penuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih minimal delapan gelas per hari. Air berperan penting dalam pembentukan feses. Seseorang yang kekurangan cairan biasanya bakal mengalami sembelit dan mudah lemas.

Olahraga

Puasa bukan alasan untuk malas berolahraga. Anda tetap harus bergerak aktif meski hanya melakukan olahraga ringan, seperti bersepeda atau joging. Selain melancarkan buang air besar (BAB), olahraga juga membantu menjaga kebugaran tubuh.

Minum obat pelancar BAB

Apabila Anda sudah melakukan semua hal di atas, namun masih mengalami sembelit, sebaiknya minumlah obat pelancar BAB. Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter obat seperti apa yang cocok dipakai. (*)