Gaya Hidup Agregasi    Jumat, 08 Juni 2018 / 07:45 WIB

Catat! 10 Cara Tepat Turunkan Kolesterol Jahat dalam Tubuh

KOLESTEROL adalah salah satu penyakit yang banyak dialami semua orang. Penyakit ini adalah cikal bakal lahirnya penyakit mematikan seperti Jantung dan stroke.

Alhasil kolesterol menjadi salah satu penyakit yang ditakuti di Indonesia. Banyak di antara mereka memilih minum obat demi menurunkan kolesterolnya. Namun, sebenarnya Anda tidak perlu khawatir, karena dengan cara yang tepat dan benar, kolesterol bisa diatasi dengan mudah.

Artikel Terkait : Menikmati Hidangan Mewah tapi Murah di Sumo Sushi

Menyadur dari Web Md, Okezone akan membagikan 11 cara alami yang paling mudah untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh Anda, yuk disimak.

1. Hindari lemak trans

Lemak trans akan meningkatkan LDL dan menurunkan HDL Anda. Hal ini akan meningkatkan risiko terserang penyakit jantung dan stroke. Kandungan ini sulit dihindari karena banyak ditemukan pada makanan yang digoreng, dipanggang dan dilumuri margarin.

2. Turunkan berat badan

Anda tidak perlu kehilangan banyak berat badan untuk menurunkan kolesterol. Turunkan 10 pon bobot tubuh, Anda akan memotong LDL hingga 8 persen. Tetapi untuk mengurangi berat badan, Anda harus melakukannya seiring dengan waktu.

3. Selalu bergerak

Berolahraga sekira 2,5 jam seminggu sudah cukup untuk meningkatkan HDL, LDL dan trigliserida. Tapi jika Anda belum terbiasa, cobalah perlahan-lahan dengan cara beraktivitas selama 10 menit.

4. Konsumsi makanan berserat

Oatmeal, apel, plum dan kacang tinggi serat dapat menyerap kolesterol dalam tubuh Anda. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi lima hingga 10 gram lebih banyak serat setiap hari menyebabkan penurunan LDL. Selain itu makanan berserat juga akan membuat perut terasa lebih kenyang.

5. Konsumsi Ikan

Cobalah mengonsumsi ikan dua sampai empat ekor setiap minggunya. Tidak hanya lemak, namun kandungan omega 3 pada ikan dapat menggantikan daging merah. Ikan dapat menurunkan kolesterol dengan mengurangi penyerapan tubuh terhadap lemak jenuh.


6. Menggunakan minyak zaitun

Mengganti minyak goreng dengan minyak zaitun dapat mengurangi kolesterol LDL sebanyak 15 persen yang memiliki efek seperti meminum dosis rendah obat. Minyak zaitun juga memiliki manfaat positif bagi Hati Anda.

7. Jangan Stres

Stres juga bisa meningkatkan kolesterol. Temukan perasaan yang baik tentang pekerjaan atau rekan Anda, maka hal itu dapat membantu mengendalikan kolesterol Anda.

8. Konsumsi rempah-rempah

Rempah-rempah seperti bawang putih, jahe, lada hitam, ketumbar dan kayu manis lebih dari sekadar bumbu bagi masakan Anda. Mengonsumsi setengah hingga satu siung bawang putih bisa menurunkan kolesterol Anda hingga 9 persen.

9. Berhenti merokok

Merokok dapat meningkatkan LDL dan menurunkan HDL. Dalam sebuah penelitian, berhenti merokok dapat meningkatkan kolesterol baik sebanyak 5 persen dalam satu tahun. Selain itu, menghirup asap rokok juga akan mempengaruhi kolesterol jahat.

10. Tertawa

Tertawa dapat meningkatkan HDL. Semakin banyak tertawa justru akan semakin baik. Anda bisa menonton film komedi, membaca cerita lucu atau melihat meme konyol di media sosial. (*)