Peristiwa Editor : Ivan Aditya Kamis, 07 Juni 2018 / 11:16 WIB

Jelang Pertemuan Trump dan Kim Jong-un, Menlu Singapura Kunjungi Korut

SINGAPURA, KRJOGJA.com - Menteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakrishnan akan berkunjung ke Pyongyang pada Kamis (07/06/2018), beberapa hari jelang negaranya jadi tuan rumah pertemuan pemimpin Korea Utara dan Amerika Serikat. Balakrishnan lebih dulu bertolak ke Washington untuk bertemu Menteri Luar Negeri Korut Ri Yong-ho dan Presiden Kim Yong-nam dalam kunjungannya yang akan berlangsung selama dua hari.

Presiden AS Donald Trump dan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un bakal bertemu di Singapura Selasa pekan depan. "Jelas, apa yang kita semua harapkan adalah pertemuan ini akan berujung pada deeskalasi ketegangan, meningkatkan prospek perdamaian dan untuk pihak Korut sendiri demi prospek pertumbuhan ekonomi," kata Balakrishnan.

Amerika Serikat dan Korea Utara sepakat soal lokasi pertemua ndi Singapura pada bulan lalu. Gedung Putih menyatakan negara itu dipilih karena bisa memastikan keamanan kedua pemimpin negara dan bersifat netral.

Balakrishnan juga mengatakan Amerika Serikat adalah pihak yang meminta Singapura menjadi tuan rumah. Singapura mempunyai hubungan diplomatik baik dengan Amerika Serikat maupun Korea Utara. (*)