Jateng Editor : Danar Widiyanto Sabtu, 02 Juni 2018 / 05:31 WIB

Cegah Penyelewengan, TP4D Dampingi Rehabilitasi Stadion Wergu Wetan Kudus

KUDUS, KRJOGJA.com - Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Kudus memberikan kewenangan Tim Pengawal Pengaman Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D) Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah, untuk melakukan pendampingan pelaksanaan kegiatan publik 2018. Di antaranya kegiatan peningkatan pembangunan sarana dan prasarana olahraga melalui rehabilitasi Stadion Wergu Wetan Kudus senilai Rp 22,289 miliar.

Selain itu pembangunan area sport centre tahap II di kawasan Gedung Olah Raga (GOR) Wergu Wetan melalui dana APBD 2018 sebesar Rp 16,843 miliar. Kegiatan dimulai akhir Mei dengan masa pembangunan selama 6 bulan.

Artikel Terkait : Mahasiswa Polbangtan Dampingi Masyarakat Manfaatkan Lahan Tidur

“Tujuan pendampingan untuk meminimalkan potensi penyimpangan. Kalau dari awal ditemukan penyimpangan, dapat langsung dilakukan perbaikan. Dengan begitu kualitas pekerjaan tetap terjaga,” ujar Kepala Disdikpora Kabupaten Kudus, Djoko Susilo, Jumat (1/6/2018).

Hal itu disampaikan usai mendampingi rombongan Tim Sub E TP4D Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Tengah, saat memantau dimulainya pembangunan Stadion Wergu Wetan, serta area sport centre. Tim TP4D Kejati Jawa Tengah dipimpin Ketua Tim Sub E, Dadang Jafar. “Kami berharap pembangunan stadion dan area sport centre berjalan lancar,” tegasnya.

Program TP4D dilakukan di tingkat pusat, provinsi hingga daerah. Tahun ini terdapat puluhan kegiatan di Jawa Tengah mengajukan program TP4D. Pada tahun 2017, Kejati Jawa Tengah melakukan pendampingan 330 kegiatan dengan nilai total mencapai Rp 47 triliun. Melalui program itu banyak dana negara yang dijaga dari potensi penyelewengan. Pada akhirnya, penyerapan anggaran dapat dimaksimalkan.

Komisaris PT Kokoh Prima Perkasa selaku rekanan kegiatan pembangunan stadion, Margo Waluyo menyatakan, pihaknya merasakan adanya manfaat dari program pendampingan, yakni meminimalkan kekhawatiran dalam pelaksana kegiatan. “Kami akan berusaha melaksanakan seluruh kegiatan tepat waktu, tepat sasaran, dan kualitas,” ungkapnya.(Trq)