Konsumsi Kacang Bisa Hambat Diabetes, Tapi....

lustrasi. (Foto: Shutterstock)


DIABETES merupakan salah satu penyakit yang meresahkan. Penderita diabetes dilarang untuk mengonsumsi makanan manis maupun karbohidrat terlalu tinggi. Meski demikian, sebuah penelitian baru mengatakan bahwa memakan sekira setengah cangkir kacang per hari, bisa mengurangi kadar gula darah dalam tubuh. 

Sebuah studi menemukan penurunan kadar gula darah secara signifikan bagi mereka penderita diabetes tipe 2. Para peneliti dari universitas Toronto dan Rumah Sakit St Michael, Kanada menemukan bahwa kacang seperti almond, kacang mete, hazelnut, pecans, kacang pinus, postachio, macadamians dan walnut, serta kacang tanah dapat meningkatkan kadar lemak dalam gula darah.

Penelitian ini mengambil sampel 117 orang dewasa yang tidak tergantung insulin dan diabetes, dengan usia rata-rata 62 tahun, yang semuanya dirawat dengan obat hipoglikemik oral.

Subyek pun dibagi dengan tiga diet yang berbeda selama tiga bulan. Kelompok pertama memakam suplemen dan 75 g (setengah cangkir) kacang campur.

diet kedua dengan 38 g (satu perempat cangkir) kacang campur dan setengah porsi muffin gandum utuh, sementara kelompok ketiga mengonsumsi satu porsi penuh muffin gandum setiap hari.

Setiap penambahan diet disediakan sekira 475 kalori per 2.000 kalori diet. Semua diet mengandung jumlah kalori yang sama. Dari hasil penelitian terjawab bahwa kacang-kacangan menyediakan lebih banyak lemak tak jenuh dan lebih sedikit karbohidrat.

"Temuan asli mengungkapkan bahwa kelompok pertama mengalami penurunan signifikan pada hemoglobin A1c [hemoglobin adalah pengukuran diabetes. Level 5,7 persen dan di atas pradiabetes sinyal atau diabetes] dibandingkan dengan dua kelompok lainnya," tutur Dr. David Jenkins, dari Universitas Toronto dan Rumah Sakit St. Michael, melansir dari NewsMax.

Penelitian tersebut menyatakan pengonsumsi kacang bisa menurunkan kadar gula darah dan risiko penyakit diabetes. Meski demikian, Anda juga wajib berhati-hati. Pasalnya asupan lemak yang lebih tinggi saat memakan kacang, dapat menimbulkan penyakit jantung.

"Kami juga menemukan kadar kolesterol LDL kecil yang lebih rendah. Intinya adalah, penelitian ini menunjukkan peningkatan yang signifikan tetapi dalam kendali glukosa darah, meskipun asupan lemak yang lebih tinggi, dan peningkatan faktor risiko lipid untuk penyakit jantung dengan peningkatan dosis kacang," tambahnya. (*)

Tulis Komentar Anda