DIY Editor : Ivan Aditya Sabtu, 26 Mei 2018 / 14:51 WIB

Kuota Elpiji 3 Kg Ditambah, Pengawasan Pangkalan Diperketat

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com - Pemkab Gunungkidul akan menambah kuota pasokan elpiji ukuran 3 kilogram (kg) sebesar 10 persen menghadapi Lebaran tahun ini. Penambahan kuota diharapkan bisa mencukupi kebutuhan warga dalam menghadapi Lebaran yang saat ini sudah ada tanda-tanda terjadi peningkatan permintaan konsumen.

“Peningkatan kuota juga untuk mengatasi terjadinya kelangkaan elpiji,” kata Kepala Seksi Distribusi dan Perdagangan Disperindagkop Gunungkidul, Sigit Hariyanto.

Artikel Terkait : Mahasiswa Polbangtan Dampingi Masyarakat Manfaatkan Lahan Tidur

Pada hari biasa, kuota yang diterima Kabupaten Gunungkidul sejumlah 12.000 tabung. Dengan penambahan ini, nantinya diharapkan selain mengantisipasi kelangkaan, juga mencegah terjadinya kenaikan harga di pasaran. Penambahan akan dilakukan pada pertengahan Ramadan.

Saat ini, Disperindagkop Gunungkidul tengah menyusun surat pengajuan penambahan kuota yang nantinya akan segera dikirimkan ke Pertamina. Menjelang Lebaran akan terus menggencarkan pengawasan di tingkat pangkalan.

Hal ini dilakukan untuk mencegah perilaku nakal dari para oknum di pangkalan yang menjual gas melon di atas harga eceran tertinggi (HET). Saat ini berdasarkan pemantauan yang dilakukan HET gas melon masih normal yaitu Rp 15.500 per tabung. (Bmp)