Angka Lakalantas di Purworejo Tinggi, Ini Penyebabnya

Ilustrasi.

PURWOREJO, KRJOGJA.com - Kejadian kecelakaan lalu lintas (Lakalantas) di wilayah hukum Polres Purworejo belakangan mengalami peningkatan cukup signifikan. Bahkan jika di rata-rata, selama lima bulan terakhir terjadi hampir setiap hari.

“Jika kita buat rata-rata, maka hampir setiap hari di Purworejo terjadi Lakalantas,” kata Kepala Bagian Operasional (Kabag OP) Polres Purworejo Komisari Polisi Sulistiyono SH, Kamis (17/5/2018).

Dalam paparannya pada kegiatan cipta kondisi menjelang Ramadan di pendapa rumah dinas bupati setempat, Sulistiyono menjelaskan, dari kejadian Lakalantas itu tercatat 25 korban meninggal dunia, dan lainnya mengalami luka-luka dengan kerugian materiil mencapai Rp 76,4 juta.

Kejadian ini lanjut Sulistiyono, kebanyakan karena karakter masyarakat dalam berkendaraan kurang berhati-hati dan sebagian mengabaikan rambu-rambu lalu lintas. Disamping itu juga kesadaran untuk kelengkapan berkendaraan masih kurang. “Ini terbukti pada saat gelar Opeasi Patuh, terjaring sekitar 11.990 pelanggar berkendaraan,” jelasnya.

Hanya saja lanjut Sulistiyono, dari jumlah pelanggaran itu mungkin masih dibawah rata-rata daerah lain di Jawa Tengah. “Kita memang masih banyak memberikan toleransi dalam kegiatan ini,” katanya.(Nar)

Tulis Komentar Anda