Orang Pendek Lebih Sulit Diet, Ini Alasannya

Ilustrasi. Foto: Dok

SETIAP orang tentu ingin memiliki berat badan ideal. Terlebih berat badan ideal sering dikaitkan dengan kesehatan tubuh yang lebih baik. Akan tetapi, tidak semua orang dapat dengan mudah mendapatkannya.

Terkadang orang yang sudah kelebihan berat badan lalu menjalani program diet tidak serta merta mendapatkan berat badan ideal. Memang banyak faktor yang memengaruhi penurunan berat badan, salah satunya adalah tinggi badan. Ya, ternyata orang yang lebih pendek terutama perempuan sulit untuk menurunkan berat badan.

"Maaf untuk itu, tetapi memang benar bahwa perempuan yang lebih pendek harus mengonsumsi lebih sedikit kalori untuk menurunkan berat badan. Alasannya terkait semakin banyak massa otot maka semakin cepat metabolisme bekerja. Orang yang lebih tinggi memiliki massa otot lebih banyak dibanding mereka yang lebih pendek,” ujar seorang ahli diet, Shari Portnoy seperti yang dikutip dari Health, Rabu (16/5/2018).

Beruntung ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar orang pendek lebih mudah menurunkan berat badannya. Berikut tipsnya:

Latihan angkat beban

Latihan kekuatan terbukti dapat membuat seseorang mengembangkan massa ototnya semaksimal mungkin. Hal itu turut membantu pembakaran kalori yang lebih banyak. Latihan angkat beban bisa dijadikan pilihan. Selain membantu membentuk tubuh karena penurunan berat badan, latihan ini ternyata juga bisa membantu menurunkan gejala depresi. Cobalah untuk berlatih mengangkat beban paling tidak 30 menit sehari.

Memerhatikan tanda-tanda kelaparan

Meskipun seseorang yang lebih pendek tidak disarankan makan sebanyak orang yang lebih tinggi, bukan berarti dirinya dibiarkan lapar. Dirinya tetap diizinkan makan ketika merasa lapar namun tetap mengendalikan diri dan mengambil porsi sesuai kebutuhan tubuh. Untuk mengontrol makanan, salah satu cara yang dibutuhkan adalah menghitung kebutuhan jumlah kalori harian berdasarkan tinggi dan berat badan serta tingkat aktivitas. Selain itu, ketika diajak makan oleh orang yang lebih tinggi, jangan samakan porsi dengan mereka biarpun berat badan sama.

Berbicara dengan ahlinya

Tentu untuk menurunkan berat badan tidak sembarang cara bisa diterapkan. Terutama untuk mereka yang memiliki faktor-faktor khusus. Cobalah berbicara dengan ahli diet atau dokter gizi. Hal itu akan membantu untuk menentukan seberapa banyak kalori yang baiknya dikonsumsi dan jenis makanan yang membantu proses penurunan berat badan lebih cepat. (*)

Tulis Komentar Anda