KA Solo Ekspres Resmi Beroperasi, Gratis Empat Hari

KASolo Ekspres yang melayani jalur Solo - Kutoarjo diluncurkan dari Stasiun Sol Balapan (Hari D Utomo)

SOLO, KRJOGJA.com - Kereta Api (KA) Solo Ekspres yang melayani jalur Solo - Kutoarjo dengan waktu tempuh sekitar 2 jam, resmi dioperasikan, Kamis (17/05/2018) dan selama empat hari masyarakat bisa menikmati layanan secara gratis. Selanjutnya diberlakukan masa promo dengan harga tiket Rp 30 ribu untuk perjalanan Solo - Yogyakarta, serta Rp 40 ribu untuk rute Sol - Kutoarjo.

Direktur Operasi PT KAI, Slamet Suseno Priyanto di Stasiun Solo Balapan, Kamis (17/05/2018) mengungkapkan operasional kereta api baru berkapasitas 393 penumpang ini, sebagai jawaban atas kebutuhan masyarakat akan transportasi umum massal yang kian meningkat. Selain itu, rangkaian KA dominan warna hijau menyala ini juga diproyeksikan sebagai angkutan Lebaran 5-26 Juni 2018 mendatang.

Dalam satu hari, tambah Priyanto, KA Solo Ekspres dioperasikan dua kali perjalanan pergi-pulang, masing-masing pada pukul 08.40 dan 15.40 WIB dari Stasiun Solo Balapan. Sedangkan perjalanan dari Stasiun Kutoarjo diberangkatkan pada pukul 11.15 dan 18.25 WIB. "Kereta ini dilengkapi fasilitas cukup lengkap dan nyaman, diantaranya pendingin ruangan, TV,  Universal Serial Bus (USB) charger, toilet," paparnya. 

Operasional KA Solo Ekspres, menurut Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo, memperbanyak alternatif untuk memenuhi kebutuhan angkutan umum massal. Masyarakat yang menginginkan layanan angkutan umum berkelas eksekutif, dapat memilih KA Solo Ekspres, sedangkan masyarakat yang menginginkan kereta kelas ekonomi, tersedia pula pilihan KA Prambanan Eskpres. "Orang Jawa bilang, 'ana rega, ana rupa'," ujarnya sembari mengapresiasi operasional KA baru tersebut. (Hut)

Tulis Komentar Anda