Peristiwa Editor : Ivan Aditya Kamis, 17 Mei 2018 / 13:58 WIB

Curi Dompet di Masjid, Nenek Dihukum Percobaan

PURWOREJO, KRJOGJA.com - Majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Purworejo mengganjar nenek Rub (57), warga Kecamatan Ngombol Purworejo dengan hukuman kurungan 15 hari, percobaan selama 30 hari. Nenek Rubi nekat mencuri dompet millik Sri Rahayu warga Selang Kebumen saat salat di Masjid Agung Darul Muttaqin Purworejo.

Hakim memberi vonis percobaan itu setelah terpidana Rubi bersedia mengembalikan uang Rp 1,1 juta yang dicuri. Selama sidang kasus tindak pidana ringan itu, terpidana dinilai kooperatif. "Pengembalian itu jadi pertimbangan hakim meringankan hukuman," kata AKP Markotip, Kapolsek Purworejo, kepada KRJOGJA.com, Kamis (17/05/2018).

Artikel Terkait : Mahasiswa Polbangtan Dampingi Masyarakat Manfaatkan Lahan Tidur

Menurutnya, aksi pencurian terjadi ketika korban menjalankan salat Zuhur di masjid itu, akhir Maret 2018. Pelaku yang pura-pura salat, mengendap ke belakang tempat korban menaruh tasnya. Rub mengambil dompet dari dalam tas, kemudiam keluar masjid. Sementara korban melapor ke Polsek Purworejo.

Aksi pelaku terekam jelas kamera CCTV masjid. Video itu tersebar dan diviralkan sejumlah akun media sosial di Purworejo. "Berbekal rekaman itu, kami melakukan penyelidikan. Setelah ditelusuri, pelaku kami amankan di rumahnya," ungkapnya.

Polisi melakukan pemberkasan dan menyimpulkan aksi Rub termasuk tindak pidana ringan karena kerugian korban hanya Rp 1,1 juta. Mahkamah Agung (MA) mengeluarkan peraturan apabila kerugian akibat pencurian di bawah Rp 2,5 juta, tergolong tindak pidana ringan (tipiring) dan pelaku tidak boleh ditahan.

Polisi langsung menggelandang Rub ke PN Purworejo untuk disidang. Dalam persidangan Rub mengaku baru sekali mencuri dan uangnya digunakan untuk membeli obat penyakit kakinya. (Jas)